PM Jepang Puji Iklim Investasi Indonesia Usai Bertemu Jokowi

  • Bagikan
PM Jepang Puji Iklim Investasi Indonesia Usai Bertemu Jokowi

SULTRAKINI.COM: JAKARTA – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memuji iklim investasi Indonesia yang dinilainya semakin kondusif sejak beberapa tahun terakhir.

Dia  secara khusus memuji kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) yang telah berhasil memperbaiki iklim investasi.

“Terima kasih atas kepemimpinan Presiden Jokowi, iklim investasi di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan,” ucap PM Abe saat bertemu Presiden di Hotel Diamond, Manila, Filipina pada Minggu (12/11/2017), sebagaimana disampaikan dalam keterangan tertulis Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Keduanya melakukan pertemuan bilateral sekaligus mempersiapkan berbagai kegiatan bersama menjelang tahun depan sebagai puncak perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menginginkan adanya perkembangan yang signifikan dalam kerja sama di bidang infrastruktur menjelang perayaan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.  “Hal ini akan menjadi kado yang monumental bagi 60 tahun hubungan kedua negara,” kata Jokowi.

Untuk kerja sama investasi, Presiden Jokowi mengapresiasi peningkatan investasi Jepang di Tanah Air.  “Hampir mencapai 90 persen pada 2016,” sebutnya.

Jokowi mengatakan, investasi di Indonesia sudah jauh membaik.  Misalnya Index “ease of doing business” Indonesia yang telah naik dari peringkat 114 pada tahun 2015 menjadi peringkat 72 di tahun 2017.  Indonesia juga telah mendapat “investment grade” dari tiga lembaga pemeringkat internasional.

“Dengan situasi yang semakin baik ini saya berharap investasi Jepang pada 2017 akan dapat melampaui angka investasi tahun lalu,” kata dia.

Sumber: Kompas.com

  • Bagikan