Iklan Clarion

PNS di Konut Hanya Takut Bupati?

SULTRAKINI.COM: KONUT – Penegakkan disiplin bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Utara yang digalakkan Bupati Konut, Ruksamin dan Wakilnya, Rauf nampaknya masih jauh dari harapan.

Sebab, aturan kedisiplinan yang kerap ditegaskan Bupati dalam apel PNS maupun kegiatan lain hanya dilaksanakan setengah hati oleh abdi negara di daerah tersebut. Saat Kepala daerah itu berada di Konut, maka PNS akan lebih rajin, dan sebaliknya jika bupati keluar kota, kedisiplinan PNS mulai mengendur.

Hal ini terlihat saat Bupati melakukan kunjungan dinas ke Jakarta, mulai Senin (30/10/2016), saat apel sore dilaksanakan dan dipimpin oleh Plh Sekda, La Ondjo, nampak kehadiran PNS masih tinggi. Namun di hari setelahnya makin berkurang.

Dikonfirmasi atas hal ini, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konut, membenarkan banyaknya PNS yang mengkir dari tugasnya saat Bupati tidak ada ditempat. “Jika dilihat, mulai hari Rabu dan Kamis sudah banyak kendaraan plat merah yang keluar dari Konut,” kata Tahrir.

Biasanya, kata Tahrir, para PNS itu baru akan kembali ke Konut pada Jumat pagi untuk mengikuti apel sore. “Jika bisa apel gabungan dilaksanakan Hari Senin, Rabu dan Jum’at sore, jadi tidak kesempatan untuk bertolak dari Konut,” ujarnya.

Tahrir mengungkapkan, kondisi ini menggambarkan jika apel gabungan yang rutin dilaksanakan Senin dan Jumat masih belum maksimal untuk menekan PNS yang malas. “Jika dilihat dari absen yang telah masuk di BKD sekitar 20 persen pegawai di Konut terancam di pecat,” pungkas Tahrir.

Saat SULTRAKINI.COM, mencoba menayakan hal tersebut pada salah seorang pegawai seusai apel, Jumat (04/11/2016) sore, pegawai yang meminta namanya tidak dituliskan itu membenarkan kebiasaan PNS yang bersikap disiplin jika hanya ada Bupati.

“Nanti banyak yang masuk kantor, kalau ada Bupati. Ini lagi, nanti mau apel baru kita lihat banyak pegawai karena mau di absen. Kalau begini modelnya, berarti Pak Bupati jangan mi suka keluar daerah,” kata Dia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.