Pohon Tumbang Celakai Warga Raha

SULTRAKINI.COM: MUNA – Curah hujan sedang yang mengguyur wilayah Raha ibukota Kabupaten Muna selama dua hari, Kamis (11/5/2017) sampai Jumat (12/5/2017), menyebabkan pepohonan dalam kota tumbang hingga mencelakai warga.

Seorang warga Jalan S. Goldaria Kelurahan Raha II Kecamatan Katobu, Fajar (20), terpental dari sepeda motornya sejauh lima meter saat ditimpa pohon yang tiba-tiba jatuh di depannya.

Di ceritakan Fajar, saat melintas di jalan S. Goldaria menuju ke bengkel, tiba-tiba pohon tersebut tumbang hingga batang pohon melukai hidung dan bibirnya.

“Saya jalan di pinggir, rencananya mau ke bengkel mau perbaiki motorku. Sementara jalan pelan, tiba-tiba itu pohon rebah di depanku,” tuturnya kepada Sultrakini.com yang saat itu juga melintas di jalan tersebut, Jumat (12/5/2017) siang.

Menurut warga sekitar, pohon tersebut tumbang mengakibatkan jalan tertutup, sehingga kendaraan mencari jalur alternatif. Salah seorang warga lantas memangkas dahan-dahannya agar jalan dapat dilalui warga.

“Saya lihat motor yang melintas, jalannya ke pinggir badan jalan. Akhirnya saya bangunkan suami saya untuk memangkas dahan-dahannya yang menghalangi jalan,” ujar seorang ibu tanpa menyebutkan namanya.

Beberapa warga mencoba menghubungi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna untuk membereskan masalah ini. Sebab di sejumlah ruas jalan dalam kota mengalami hal yang sama.

Warga Raha lantas berkomentar kritis terhadap kejadian ini di media sosial. Mereka mengingingkan pemerintah daerah khususnya instansi terkait, memperhatikan kondisi daerah agar tidak mencelakai warga.

Seperti diutarakan akun bernama Alan Hamdu. Di Facebook dia meminta Badan Lingkungan Hidup atau BPBD memikirkan cara agar pohon besar di pinggir jalan tak mencelakai warga.

“Hujan…hujan.. dan hujan… Suatu fenomena alam yg tdk bisa kita bendung…dan takutx akan terjadi banyak musibah.. misalx banjir ataupun pohon tumbang. Hal ini sdh seharusx mndapat perhatian khusus dr Dinas BLH ataupun BPBD Kab. Muna…. tadi pagi sj pohon mangga dekat rumah tiba2 tumbang yg di akibatkan oleh hujan berkepanjangan…. untung sj tdk mecelakai pengguna jalan.. dan saran sy klu bisa pohon2 yg sdh besar yg berada di pinggir jln hrs dipikirkan kira2 mau diapakan spy tdk tumbang dan mencelakai pengguna jalan krn sy liat pohon2x sdh mulai miring….,” tulisnya sambil menandai akun milik Pemda setempat seperti PPID Humas Kabupaten Muna dengan menyertakan hastag #BERBUATSEBELUMTERJADI#.

Sayangnya pemerintah setempat belum berbuat apa-apa terkait insiden ini.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.