Polda Dukung Kamtibmas Bidang Lalulintas

  • Bagikan
Pemusnahan knalpot racing oleh Satlantas Polres Muna. Foto: Dok SULTRAKINI.COM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara menggalakkan upaya terciptanya keamanan dan ketertiban khususnya di bidang lalu lintas di seluruh daerah. Upaya tersebut salah satunya ditunjukkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muna dengan memusnahan ratusan knalpot racing, Rabu (14/9/2016) di halaman Mapolres.

“Bukan hanya di Polres Muna saja, melainkan untuk semua jajaran Polda Sultra terhadap upaya yang dilakukan jajaran dalam rangka memelihara kamtibmas khususnya dibidang tertib berlalu lintas, kita dukung,” kata Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto, Jumat (16/9/2016).

Sesuai pasal 285 ayat (1) Jo pasal 106 ayat (3) dan pasal 48 ayat (2), (3) UU No.22 tahun 2009 knalpot racing menyalahi aturan lalu lintas, salah satunya menimbulkan kebisingan dan polusi suara.

Selain itu, pemusnahan knalpot tersebut merupakan upaya kampanye tertib lalu lintas untuk mengurangi angka kecelakaan terutama menjelang HUT Satlantas yang jatuh pada 22 September 2016 mendatang.

Tercatat di Polres Muna, pada tahun 2015, data Laka Lantas umumnya diatas 100 kasus dengan korban meninggal dunia diatas 50 sampai 70 korban. Sementara untuk Laka di 2016 mulai Januari hingga September tercatat sebanyak 45 korban jiwa.

  • Bagikan