SUARA

Polda Sultra Dukung Program Budidaya Singkong Gajah

SULTRAKINI. COM: KENDARI – Menindaklanjuti program peningkatan kinerja dalam visi Professional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) yang diistrusikan Kapolri, Kepolisian Daerah (Polda) Sultra menandatangani MOU bersama PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara dan Bank Sultra.

Penandatanganan MoU ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Polda Sultra dalam program pengembangan komoditas Singkong Gajah yang diinisiasi Bank Sultra bersama PT Sidomuncul di beberapa daerah di Sultra sejak tahun 2014 lalu.

Melalui MoU ini, nantinya Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) akan dilibatkan dalam sosialisasi budidaya Singkong Gajah. Sebagai tahap awal pelaksanaan MoU ini, para Bhabinkamtibmas akan diperkenalkan dan dilatih budidaya pertanian Singkong Gajah.

“Jangan cuman urusan keamanan, rekan Bhabinkamtibmas harus memiliki wawasan sosialisasikan bidang pertanian untuk sejahterkaan masyarakat,” kata Kapolda Sultra, Brigjend Pol Agung Sabar Santoso dalam sambutannya di Aula Dachara Polda Sultra, Kamis (29/9/2016) usai penandatanganan MoU.

yamaha

Sementara itu, diungkapkan Direktur Pemasaran PT. BPD Sultra (Bank Sultra), Depid di Sulawesi Tenggara masih banyak lahan nganggur dan tidak produktif yang dapat diberdayakan oleh petani. “Dengan bantuan kredit usaha, kami harapkan petani singkong gajah dapat meningkatkan produktifitas serta meningkatkan kesejahteraan,” kata Depid dalam sambutannya.

Bank Sultra akan mengucurkan kredit usaha untuk petani singkong gajah sebesar Rp.25 juta untuk dua hektar lahan yang diolah petani untuk budidayakan Singkong Gajah. Untuk pembayaran kreditnya dilakukan pasca panen.

Budidaya Singkong Gajah dipilih karena jaminan pasar lokal dan luar negeri sangat besar, terutama bahan baku tepung Singkong (MOCAF). Selain itu, mesin pengolahannya pun cukup terjangkau sekitar Rp. 7 juta per unitnya.

“Selama ini Sidomuncul dikenal dengan perusahaan herbal, ini adalah inovasi baru kami yang bergerak didalam bidang agroindustri untuk ciptakan pangan fungsional, sehat, berkualitas dan terjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ungkap General Manager PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara, Dian Rasdianto.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.