SUARA

Polda Sultra Giat Semprot Disinfektan di Wilayah Kendari, Berikut Lokasinya

SULTRAKINI.COM: Sinergitas upaya memutus penyebaran wabah virus corona (Covid-19) terus digerakkan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Salah satunya digalangkan Mapolda Sultra melalui penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah lokasi, selain melakukan sosialisasi ke lingkungan masyarakat.

Polda Sultra melalui Biro Operasi menyemprot disinfektan ke sejumlah sisi Provinsi Sultra, khususnya Kota Kendari. Dimana saja lokasinya.

  1. Jalan Raya

Penyemprotan disinfektan dilakukan dari Mapolda Sultra melewati rute by pass-Kemaraya-Pasar Sentral Kota Kendari berputar ke Pasar Wuawua Kendari hingga berakhir ke titik semula.

Aktivitas pada Jumat (27 Maret 2020) ini, bersinergi dengan TNI dan gugus tugas pemuda, yakni mahasiswa kesehatan serta gugus tugas pemerintah daerah menggunakan mobil water canon berkapasitas 8.000 liter dan 6.000 liter.

“Kegiatan ini sebenarnya setiap hari kita lakukan, sasaran keramaian dan pasar,” ucap Karo Ops Polda Sultra, Kombes Pol Drs. Budi Wasono di dampingi Dansat Brimob selaku Kasatgas Ops Kombes Pol Adarma Sinaga serta Dir Pamobvit AKBP Alan Gerit Abast.

Kegiatan tersebut diharapkan Biro Ops juga terjadi di jajaran polres yang bersinergi dengan Pemda dan masyarakat wilayah masing-masing.

2. Lapas Klas IIA Kendari

Penyemprotan disinfektan di Lapas Klas IIA Kendari. (Foto: Dok.Polda Sultra)

Satgas Ops Aman Nusa 2 menyemprotkan disinfektan ke Lapas Klas IIA Kendari untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada Selasa (24 Maret 2020).

Sterilisasi tersebut dilakukan di ruang tunggu pengunjung, halaman, pekarangan lapas, masjid, dan ruang tahanan.

Penyemprotan disinfektan di Lapas Klas IIA Kendari. (Foto: Dok.Polda Sultra)

Wadir Samapta, AKBP Lilik, mengatakan Polda Sultra lebih banyak melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan terus menjadwalkan penyemprotan disinfektan ke titik lainnya di Kendari.

“Kita perbanyak upaya dan harus berikhtiar agar penyebaran virus corona dapat segera berakhir,” ujarnya.

yamaha

3. Pelabuhan dan Kapal

Penyemprotan disinfektan di kawasan Pelabuhan Nusantara dan kapal penumpang. (Foto: Dok.Polda Sultra)

Bid Dokkes Polda Sultra bersama tim Rumah Sakit Bhayangkara Kendari menyemprotkan disinfektan ke kawasan Pelabuhan Nusantara Kendari, Selasa (24 Maret 2020). Penyemprotan juga dilakukan pada Kapal Penumpang Wawonii dan Kapal Express Bahari.

Penyemprotan disinfektan di kawasan Pelabuhan Nusantara dan kapal penumpang. (Foto: Dok.Polda Sultra)

Pihaknya berharap, masyarakat yang akan berpergian dan menggunakan transportasi umum bisa mengikuti prosedur keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

4. Personel Polisi

Bilik disinfektan di Mapolda Sultra. (Foto: Dok.Polda Sultra)

Personel Polda Sultra tidak lepas dari sterilisasi Covid-19. Mereka terlebih dahulu diarahkan masuk ke bilik penyemprotan sebelum memasuki ruang kerja masing-masing.

Penyemprotan disinfektan juga terjadi di ruang kerja dalam Mapolda Sultra.

“Jadi kita biasakan sekarang untuk menjaga kebersihan ruang kerja dan setiap toilet disediakan pula dengna cairan disinfektan untuk membiasakan mencuci tangan pada wastafel yang kami sediakan untuk mencegah virus corona,” jelas Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Ld.Proyek, Selasa (24 Maret 2020).

Selain aktivitas penyempotan disinfektan, jajaran Polda Sultra terus memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat menggunakan mobil melalui penyeras suara di lingkungan masyarakat, termasuk pasar.

Perkembangan penyebaran Covid-19 di Sultra berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra per tanggal 29 Maret 2020 pukul 09.00 Wita, yakni total orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.587 orang (selesai dalam pemantauan: 1.418 orang dan masih dalam pemantauan: 1.169 orang).

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya 17 orang, 1 orang meninggal (selesai dalam pengawasan: 5 orang dan masih dalam pengawasan: 12 orang). Sementara jumlah yang sembuh: 4 orang, sedangkan positif corona 3 orang.

Sumber: laman resmi Polda Sultra
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.