Polisi Cilik Meriahkan Upacara HUT ke-73 RI di Baubau

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Upacara HUT ke 73 RI di Kota Baubau yang dipusatkan di Lapangan Lembah Hijau pada Jumat 17 Agustus 2018 ada pemandangan yang berbeda. Betapa tidak, pada perayaan kemerdekaan kali ini bukan hanya melibatkan sejumlah Forkopimda dan SKPD di Baubau, tapi juga melibatkan Polisi Cilik (Pocil) binaan Polres Baubau.

Salah satu presenter acara, Sitti Salma Kadir, mengatakan Pocil di Indonesia awalnya di bentuk di Indramayu pada 29 Juli 2009 kemudian menyebar di seluruh Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia. Sementara di Polda Sultra sendiri dibentuk Februari 2016 dan di Polres Baubau 21 April 2016.

Kata dia, sebelum tampil di acara yang penuh sejarah itu, Pocil binaan Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam itu, selalu memberikan yang terbaik di lomba Pocil di Polda Sultra, buktinya tiga tahun-tahun beruntun, selalu mencatatkan namanya di Lomba Pocil di tingkat Provinsi, bahkan 2018 ini berhasil menjadi jawara.

“Tahun 2016 juara harapan satu di Polda Sultra, tahun 2017 juara dua, dan juara satu di tahun 2018. Dan berhak mewakili Polda sultra pada tingkat nasional,” kata Siti Salma.

Dijelaskannya, Pocil merupakan wujud nyata Pemerintahan Jokowi-JK tentang revolusi mental pada road map Mabes Polri tahun 2015. Tujuannya untuk membentuk mental, kepribadian dan karakter anak pada usia dini serta membentuk rasa cinta tanah air dan rasa bela negara.

“Memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme dan patriotisme serta memiliki komitmen untuk menghargai setiap perbedaan dan mengakui perbedaan tersbut sebagai perekat dan pemersartu NKRI dalam menjaga Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

“Menangkal sedini mungkin adanya radikalisme, Ormas anti rasuah, Pancasila dan meningkatkan kedisiplinan,” tambahnya.

Dibeberkannya, Pocil binaan orang nomor satu di Polres Baubau, berasal dari siswa SD kelas tiga hingga kelas 5 SDN 2 di Baubau.

Laporan : Zarmin
Editor: Habiruddin Daeng

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.