SUARA

Polres Baubau Konsentrasi 27 Titik Pengamanan Natal dan Tahun Baru

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Polres bersama Pemkot Baubau melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional 2019, Rabu (18 Desember 2019). Agenda ini ralam rangka persiapan Operasi Lilin Anoa 2019 menyambut natal dan tahun baru 2020.

Pemkot Baubau berharap perayaan natal dan tahun baru 2020 diselimuti rasa aman dan nyaman. Menciptakan situasi tersebut diperlukan peran timbal balik antara pemerintah, pihak keamanan, stakeholders, dan masyarakat.

“Diharapkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi bisa diantisipasi, pengamanan dalam hal ini bukan hanya pihak kepolisian, ada Pol PP, dishub, dan lain-lain, termasuk masyarakat diharapkan partisipasinya,” ujar Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Rabu (18/12/2019).

Menyambut dua momen tersebut, Mapolres Baubau menyiagakan sekitar 350 personel yang mengamankan 27 titik melalui pemetaan, misalnya gereja dan objek wisata.

“Ada 12 gereja, lima tempat wisata, lima pusat pembelanjaan, dua terminal, satu bandara, dan satu pelabuhan yang menjadi titik konsentrasi kami,” jelas Kapolres Kota Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari.

yamaha

Pengamanan ini termasuk mendirikan pospam dan pos pelayanan di titik-titik tersebut dengan pelayanan 24 jam. “Konfigurasi polres dengan instansi yang lain (di pospam dan pos pelayanan) ada dishub, satpol pp, dinas kesehatan, PMI,” tambahnya.

Kata Zainal, berdasarkan koordinasi bersama Pemkot Baubau dan stakeholder yang sempat hadir pada rapat, selain melakukan swipping ormas pada setiap titik ditentukan, juga stabilitas bahan pangan dan arus mudik menjadi perhatian dalam persiapan natal dan tahun baru.

Rapat koordinasi persiapan Operasi Lilin Anoa 2019 tersebut merupakan rakor pertama AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari di Kota Baubau sebagai kapolres menggantikan AKBP Hadi Winarno usai upacara penyambutan dengan tradisi pedang pora pada 17 Desember 2019.

Rapat itu juga dihadiri bupati Buton Tengah, perwakilan Ketua DPRD Baubau dan DPRD Buteng, perwakilan Dandim Kodim 1413/Buton, dan SKPD yang tersebar dalam wilayah hukum Polres Baubau.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.