Polres Muna dan Pemda Siapkan Bus Gratis Jelang Mudik 1438 H

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kepolisian Resor Muna menyiapkan bus gratis untuk mengangkut para pemudik mulai H-7 jelang dan H+7 Idul Fitri 1438 Hijriah. Hal itu terkait salah satu kesiapan operasi Rahmadniya 2017 di tiga wilayah hukum Polres Muna, Rabu (14/6/2017).

Operasi yang berlangsung selama 16 hari nantinya dimulia 19 Juni sampai 4Juli 2017. Pihaknya juga bersinergi dengan Pemerintah Daerah Muna, Muna Barat dan Pemda Buton Utara dalam kesediaan enam unit bus dan empat unit mobil roda empat.

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengatakan operasi terpusat ini turut menyiapkan posko pengamanan, posko pelayanan dan posko terpadu di delapan titik pada tiga wilayah hukum Polres Muna. Termasuk menyiagakan 250 personil dan instansi terkait guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat kurang mampu yang hendak mudik.

“Jadi nanti kita akan memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat. supaya mereka bisa mudik sampai bersama keluarga masing-masing untuk berlebaran serta bisa kembali lagi dengan aman,” kata Agung Ramos saat di wawancarai awak media.

Ditambahkannya, rute angkutan ikut disiapkan diantaranya pelabuhan Tampo dan pelabuhan Nusantara Raha yang memiliki arus mudik dengan volume terbesar. Selain itu juga instansi terkait ditempatkan di posko terpadu yakni dari dinas kesehatan, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), Dinas PU dan dinas perhubungan.

“Jadi pemikirannya mereka yang mudik tidak semua memiliki uang yang cukup. Jadi kita menyiapkan bus gratis, pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya,” ujarnya.

Id Bulog

Begitu juga Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Muna, AKP Alfin yang telah mengsosialisasikan kepada para supir angkutan dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik. Kepolisian juga melakukan pencegahan munculnya angkutan liar yang menaikkan tarif sepihak.

“Nanti Satlantas dan Dishub akan standby di depan pintu masuk pelabuhan,” tegas Alfin.

Berikut adalah rute-rute bus gratis yang disiapkan Polres Muna bersinegris dengan Pemda Muna, Pemda Mubar dan Pemda Butur :

Dermaga Raha-kontunaga-kabawo-tongkuno (PP); Dermaga Raha-Bone-Parigi (PP); Dermaga Raha-Lawa-Lakanaha-Marobea-Tikep-Tiworo Tengah; Dermaga Raha-Bangkali-Dana-Watuputih-Kusambi-Latawe; Dermaga Tampo-Kota raha.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.