SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Pendampingan pengelolaan dana desa oleh Bhabinkamtibmas, kembali dimantapkan Kepolisian Resor Muna bersama para kepala desa di Kabupaten Muna Barat (Mubar), melalui rapat sekaligus sosialisasi untuk tujuan tersebut, Senin (6/11/2017).

Polres Muna Mantapkan Pegawalan DD di Mubar
Kapolsek Sawerigadi, IPTU Hamka. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

"Berdasarkan hasil MoU antara dua Kementerian dan Polri, sejak saat itu kepolisian yang terdiri dari tim Polsek bersama Bhabinkamtibmas sudah melakukan pengawasan DD. Kami ditekankan, untuk mengawasi dan melakukan pembinaan terhadap realisasi DD. Karena ini menyangkut uang negara yang dikelola oleh kades," jelas Kapolsek Sawerigadi, IPTU Hamka, Senin (6/11/2017).

(Baca: Kepolisian Mulai Melakukan Pengawasan DD di Mubar)

Dia berharap, aparat desa tak perlu kaku berkoordinasi dengan pihaknya. Bahkan perlu kedekatan kerja sama positif dalam menyelaraskan pembangunan setiap desa melalui penyediaan anggaran DD.

"Para Kades ini kan sudah memasang baliho postur APBDes, jadi semua kegiatan sudah termuat dalam baliho tersebut, tentu para kepala desa juga sudah mengelola DD secara transparan. RAB itu tidak boleh diminta oleh masyarakat biasa, yang bisa melihat itu kalau ada masalah terkecuali pihak inspektorat dan penyidik," ujar Hamka.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations