Poltekes Kendari Telorkan 623 Wisudawan, Alumni Diminta Mampu

  • Bagikan
Suasana wisuda Poltekes Kendari. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM).
Suasana wisuda Poltekes Kendari. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari menelorkan 623 alumni. Dalam acara wisuda, Sabtu (21/9/2019) para alumni diminta agar mampu berdaya saing, utamanya dalam mensukseskan program Kemenkes RI.

Direktur Poltekes Kendari, Askrening, menuturkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan untuk daerah terpencil dan terbelakang, Kementerian Kesehatan RI meluncurkan Program Nusantara Sehat bagi Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Analis dan Farmasi. Lulusan Poltekes juga memiliki peluang untuk dapat diterima sebagai tenaga kesehatan pada Tim Nusantara Sehat.

“Terkait serapan lulusan di pasar kerja, sebagian besar lulusan Politeknik Kesehatan Kendari bekerja di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan sebagian di wilayah lain di Indonesia. Beberapa lulusan kami juga bekerja di luar negeri, seperti Jepang dan Kuwait,” ungkapnya, Sabtu (21/9/2019).

Dia mengungkapkan, dalam wisuda tersebut Poltekes Kemenkes Kendari meluluskan 623 lulusan. Dengan rincian, Program Studi DIII keperawatan 223 orang, DIII Kebidanan 84 orang, DIII Gizi 88 Orang, D III Analis Kesehatan 46 orang, D IV Kebidanan 166 orang dan D IV Gizi 18 orang.

“Perlu diketahui dari 623 orang lulusan, rata-rata lulusan yang menyelesaikan pendidikan tepat waktu dalam 6 semester sebanyak 607 orang atau 97 persen. Sementara tiga persen lainnya atau 16 orang menyelesaikan pendidikan 8-10 semester,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan