Popda II Resmi Digelar, Sang Juara akan Dapatkan Bonus dan Diutus di Popnas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) II yang digelar oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dibuka oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, di lapangan menara Eks MTQ Kendari, Selasa (23/3/2021).

Dalam sambutannya, Deputi III Bidang Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, sangat mengapresiasi pelaksanaan Popda II yang hanya disiapkan dalam waktu 14 hari tapi semua pembukaan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Ia juga meminta para peserta agar menjaga sportifitas dalam bertanding nantinya, karena Popda merupakan ajang untuk meniti yang lebih tinggi lagi, bukan puncak dari segala obsesi.

“Tancapkan keinginan, langkah dengan pasti. Selamat bertanding, ikuti jejak para seniornya untuk menuju nasional membawakan merah putih,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Dikatakan, sudah 21 tahun Popda tidak pernah berjalan. Seluruh daerah pun diharapkan bisa menjadikan Popda II Sultra tersebut sebagai contoh untuk menggelar kegiatan yang sama.

“Luar biasa ini. Lebih dari 21 tahun Popda ini tidak berjalan. Sekarang, dengan kepemimpinan dan kolaborasi antar semua OPD kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ali Mazi mengatakan bahwa Popda merupakan kegiatan olahraga yang dapat mengembangkan potensi dan bakat para atlet khususnya bagi seluruh pelajar di Sultra.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menciptakan kader-kader berbakat yang nantinya dapat membawa nama harus Sultra di kanca nasional bahkan internasional,” ujarnya,

Dikatakan, pembangunan olahraga merupakan salah satu bagian dari program prioritas Pemprov Sultra yakni Sultra Sehat.

“Artinya, pemerintah daerah saat ini begitu serius dalam pembangunan SDM, salah satu bidang yang difokuskan adalah peningkatakan kesehatan masyarakat melalui olahraga,” jelasnya.

Ali Mazi berpesan kepada Dispora selaku penyelenggara, wasit dan juri serta para peserta dari 17 kabupaten/kota agar dalam pelaksanaan Popda II lebih mengedepankan semangat kebersamaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

Sementara itu, Plt Kadispora Sultra, Yusmin mengatakan bahwa bagi para juara Popda II akan mendapatkan bonus dari Bank Sultra dan akan diutus di Popnas nantinya.

“Yang akan menjadi juara akan mendapatkan bonus dari BPD Sultra dan termasuk akan diutus di Popnas,” katanya.

Ia sampaikan, kegiatan ini akan berlangsung sampai tanggal 27 Maret 2021. Ada enam cabang olahraga yang diperlombakan yakni bulu tangkis, kempo, takraw, tenis meja, silat, dan karate.

“Atletnya ada 300 orang. Pelaksanaan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tandasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.