Positif Corona di Baubau Bertambah, Gugus Tugas Covid-19 Lakukan Langkah Serius

  • Bagikan
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RSUD Palagimata Kota Baubau, Dr. Lukman. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Jumlah warga positif corona di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara bertambah satu orang, sehingga totalnya kini tiga orang. Kasus 03 ini diketahui positif corona pada 29 April 2020 usai melakukan tes Swab pada 23 April lalu.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RSUD Palagimata Kota Baubau, Dr. Lukman, menerangkan kasus 03 positif corona berinisial R. Dia juga sempat melakukan rapid test atas inisiatif sendiri pada 20 April 2020. Mengetahui itu, Pemkot Baubau langsung bertindak cepat melakukan menanganan kesehatan terhadap R dengan mengevakuasinya ke ruang isolasi RSUD Palagimata Baubau bersama pasien positif corona lainnya.

“Pasien 03 ini kondisi kesehatan cukup baik dan cukup kooperatif sehingga tidak ada kendala untuk diisolasi ke RSUD Baubau (RSUD Palagimata Baubau),” jelas Lukman, Rabu (29/4/2020).

Lukman berharap, masyarakat termasuk tetangga pasien bisa ikut memberikan dukungan moral kepada para pasien atau keluarga pasien terpapar Covid-19.

Ditambahkan Kadis Kesehatan Kota Baubau, Dr. Wahyu, masyarakat Kota Baubau agar tidak melakukan tindakan di luar ketentuan. Pemerintah melalui Tim Gugus Tugas akan menangani para pasien positif Covid-19, serta sejumlah orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP) yang melakukan isolasi mandiri secara serius.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Baubau, Laode Muslimin Hibali mengaku pihaknya secara terus-menerus melakukan penyemprotan disinfektan di ruang publik sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 dan memberikan bantuan sejumlah sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sultra per 29 April 2020 pukul 17.00 Wita, Kota Baubau memiliki 26 orang tanpa gejala (OTG), 34 orang dalam pemantauan (ODP), 0 pasien dalam pengawasan (PDP), dan tiga orang positif corona.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan