Posko Gugus Tugas Covid-19 Sultra Dipindahkan, Ali Mazi Harap Dijaga Kebersihannya

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Pj Sekda Sultra La Ode Ahmad Pidana Balombo mengecek peta persebaran Covid-19. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Provinsi Sulawesi Tenggara akhirnya sepakat memindahkan posko induknya. Posko sebelumnya berada di Kantor Dinas Kesehatan Sultra kini dipindahkan ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra.

Pj Sekda Sultra, La Ode Ahmad Pidana Balombo, mengatakan Posko Terpadu Gugus Tugas Covid-19 Sultra dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, serta adanya kerja sama dari semua stakeholder, mulai dari kepolisian, TNI, kejaksaan, dan organisasi perangkat daerah (OPD) Sultra yang juga menyiapkan perangkat pendukung.

“Di Posko ini juga disiapkan fasilitas untuk tempat logistik. Gugus tugas menyiapkan para tenaga surveilance untuk melakukan komunikasi dengan gugus tugas di seluruh kabupaten/kota di Sultra. Di sini setiap hari dilaksanakan evaluasi terhadap setiap kegiatan operasi dari seluruh petugas Covid-19,” ujarnya, Sabtu (25/4/2020).

Dalam kurung waktu dua minggu ini, di Posko Terpadu Gugus Tugas Covid-19 Sultra, kata dia, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, mulai dari semangat tim gugus tugas yang bertugas di posko maupun tim yang bertugas di lapangan.

“Terkait dengan logistik semakin hari semakin bertambah, baik dari pusat, Pemprov Sultra sendiri melalui OPD terkait maupun bantuan dari berbagai pihak yang sangat antusias, termasuk ada bantuan mobil ambulans,” jelas La Ode Ahmad Pidana.

Di posko tersebut juga disediakan media center sebagai tempat berlangsungnya komunikasi langsung dengan para gugus tugas yang ada di 17 kabupaten/kota, sebelum gugus tugas Sultra memperbarui perkembangan kasus virus corona di setiap harinya kepada masyarakat.

“Seluruh tim gugus tugas juga menyatakan kesiapannya untuk melakukan langkah-langkah percepatan penanggulangan Covid-19, termasuk dukungan terhadap pemerintah kabupaten/kota,” tambahnya

“Distribusi logistik akan dilakukan besok di kabupaten/kota, khususnya pada daerah kepulauan yang jauh karena keterbatasan armada transportasi. Ini yang perlu kita lakukan,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengaku meskipun sudah memenuhi persyaratan posko, namun kebersihan Posko Terpadu Gugus Tugas Covid-19 Sultra harus tetap dijaga, terlebih ruangnya cukup luas. Halamannya pun bisa digunakan untuk apel tim gugus tugas.

“Kita telah bertekad memutus mata rantai penyebaran virus corona, tetapi ternyata di Posko kita juga tidak terurus kebersihannya. Saya kira ini semua tidak ada gunanya. Oleh karena itu, marilah kita jaga dan pelihara, sehingga kita dalam menjalankan tugas kita sendiri benar-benar terjamin,” jelasnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra ini meminta agar dibentuk tim untuk pendistribusian bantuan di daerah kepulauan. Ia bersama semua Forkopimda akan selalu memantau posko tersebut.

“Hari ini kita mendapatkan banyak bantuan, dari BUMN dan pengusaha di Sultra. Bantuan tersebut akan dikumpul di Posko Terpadu Sultra, kemudian disalurkan kepada masyarakat agar tepat sasaran,” terangnya.

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan