Potensi Zakat Besar, IZI Target Kelola Rp1,5 Miliar

  • Bagikan
Pemberian bantuan paket program Ramadhan kepada kaum dhuafa Kota Kendari oleh IZI Perwakilan Sultra. (Foto: Gugus Suryaman/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Lembaga amil zakat nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) yang telah resmi hadir di Sulawesi Tenggara, tahun ini menargetkan dapat mengelola zakat sebesar Rp1,5 miliar khusus di wilayah Kota Kendari. Target itu menyasar semua kalangan masyarakat.

 

Menurut Kepala Kantor Perwakilan IZI Sultra, Erdi Erfiandi, potensi zakat di Sulawesi Tenggara cukup besar. Di Kota Kendari saja, menurut data Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari, tahun lalu dapat terkumpul hingga Rp2 miliar dari total potensi sekitar Rp8 miliar.

 

Jika di setiap kabupaten dan kota di Sultra dapat terkumpul Rp4 miliar hingga Rp6 miliar per tahun, maka dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang dapat disalurkan juga besar.

 

\”Sudah digambarkan oleh ketua Baznas Kota Kendari, bahwa kurang lebih dua miliar yang terserap. Padahal kalau kita merujuk data BPS, ada enam sampai delapan miliar yang dapat terkumpul setiap tahunnya di Kendari itu sendiri, jadi potensi itu sangat besar,\” jelasnya.

 

Sehingga, dengan terkumpulnya dana ZIS masyarakat kurang mampu bisa memperoleh bantuan baik dari bidang ekonomi, pendidikan maupun kesehatan.

 

Kepala Baznas Sultra, Andi M Hasby Saing mengungkapkan, secara nasional potensi zakat mencapai Rp217 triliun. Namun yang terkumpul baru Rp3 triliuan sampai Rp4 triliun per tahun. Sehingga perlu adanya optimaliasi badan amil maupun lembaga amil zakat di setiap daerah.

 

IZI secara resmi beroperasi skala nasional berdasarkan surat keputusan Menteri Agama Nomor 423 Tahun 2015, tanggal 30 Desember 2015. IZI merupakan lembaga amil zakat nasional bagian dari Pos Kemanusiaan Peduli Ummat (PKPU) yang kini fokus pada kegiatan kemanusiaan seperti pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR). Lembaga IZI ini dibentuk untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat seusai amanat UU nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

 

IZI perwakilan Sultra mendapatkan rekomendasi Kanwil Kemenag Sultra dengan nomor 83.a tahun 2016, dan merupakan satu-satunya kantor perwakilan Laznas yang sudah mendapat izin operasional di Sultra. Dengan kantor perwakilan di Jalan A.H. Nasution Nomor 39 Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kendari.

 

Melalui tagline \”Memudahkan, Dimudahkan\”, IZI menyediakan layanan zakat yang semakin mudah bagi donatur atau Muzakki. Zakat kini dapat dibayarkan melalui transfer ATM, internet banking, setoran tunai di gerai atau kantor perwakilan, bahkan dapat dilakukan dengan aplikasi online.

 

\”Pengembangan penerima manfaat dikembalikan kepada kabupaten masing-masing, di Kendari kami memiliki dua binaan, yang dibantu dalam hal pendidikannya,\” jelas Erdi Erfiandi.

  • Bagikan