PPK dan PPS Dilantik, Bupati Muna Harapkan Jaga Amanah

  • Bagikan
Bupati Muna, LM. Rusman Emba saat membawakan sambutannya pada pelantikan PPK dan PPS se-Kabupaten Muna di Alun-alun Kota Raha. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Sebanyak 516 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Umum 2019 dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Muna di Alun-alun Kota Raha, Kelurahan Butung-butung, Kamis (8/3/2018).

Pelantikan 66 PPK dan 450 PPS tersebut, berdasarkan tindak lanjut keputusan KPUD Muna Nomor 09/PP.05.1-Kpt/7403/Kab/III/2018 dan 10/PP.05.1-Kpt/7403/Kab/III/2018 tentang penetapan PPK dan PPS se-Kabupaten Muna untuk pemilihan umum 2019.

Ketua KPUD Muna, Laode Muhammad Amin dalam sambutannya mengatakan dalam perekrutan PPK dan PPS mengambil metode evaluasi dari perekrutan Pilgub 2018, tentunya dengan banyak penilaian dari keaktifan, pengetahuan, dan integritas anggota.

“Kemarin penerimaan perekrutaan PPK dan PPS tidak kalah menarik pada proses evaluasi, tidak lulus banyak datang komplen padahal nyata-nyata tidak masuk kerja dan malas. Sampai KPUD dituding macam-macam dalam perekrutan. Sebenarnya menjadi PPK dan PPS bukan mencari kerja, tapi mengabdi dan untuk menghargai itu negara memberikan honor,” kata Laode Muhammad Amin.

Menurutnya, PPK dan PPS dituntut harus jujur, adil, dan bertanggungjawab untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. KPU pun berusaha mencari anggota yang berkompeten.

“Anda akan menghadapi Pemilu 2019 yang barangkali lebih rumit daripada Pilgub, karena banyak calon dan parpol hingga dibutuhkan kejelian, agar tidak keluar dari peraturan perundang-undangan. PPK dan PSS yang sudah masuk pada perekrutan Pilgub, agar lebih dipertajam. Kami harapkan memahami itu,” ujarnya.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengungkapkan dalam pemilihan PPK dan PPS tentunya banyak melewati proses, artinya bahwa kapabilitas, kemampuan komunikasi anggota telah teruji. Tentunya dalam amanah itu, sebetulnya bukan perkara sederhana jika berbicara dalam hadist ketika orang yang diberikan amanah kemudian dia adil, Insya Allah nilai ibadahnya lebih baik dibanding selama 60 tahun beribadah.

“Itu pada satu aspek amalan kita, kemudian pada aspek rezeki ketika amanah itu kita diberikan dan bisa kita pertanggungjawabkan, serta laksanakan dengan baik, Insya Allah akan diberikan amanah selanjutnya, itu janji Allah SWT kepada umatnya,” ucap Rusman Emba.

Pantuan SultraKini.Com, pelantikan PPK dan PPS se-Kabupaten Muna turut dihadiri Komisioner KPUD Muna Andi Arwin, Yuliana, Sekretaris KPUD Halisi, Ketua Panwas Muna Al Abzan Naim, Komisioner Panwas Muna Ali Karman, Komisioner Bawaslu Muna Aksar, Sekda Muna Nurdin Pamone, perwakilan dua institusi Dandim 1416/Muna serta Kapolres Muna.

 

Laporan: Arto Rasyid

  • Bagikan