PPK maksimalkan Hasil Karya Industri Kecil Menengah Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Dalam upaya mendukung dan memaksimalkan hasil Industri Kecil Menengah (IKM) di Buton, Ketua Tim Penggerak Pembedayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) sekaligus ketua dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Delia Montolalu bersama tim akan bantu memasarkan hasil-hasil produk IKM yang tersebar di Pemerintahan Kabupaten Buton.

Delia M mengaku PKK akan berbuat maksimal untuk memasarkan hasil-hasil IKM, bahkan kata Delia, kedepan rapat-rapat dan atau kegiatan PKK akan digelar di sentra IKM.

“Seusai rapat atau kegiatan PKK dan Dekranasda langsung mencicipi atau membeli produk IKM, tidak usah lagi pesan di luar” ungkap Delia saat mengunjungi pengelolaaan hasil laut Desa Koholimombono, Kecamatan Wabula pada Sabtu, 25 Januari 2020.

Di tempat yang saman Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton sekaligus Ketua Harian Dekranas Kabupaten Buton, Sadisu, mengatakan IKM Koholimombono telah dilengkapi dengan mesin pembuatan pakan ternak, mesin pengemasan produk baik fakum maupun non fakum, cold storage untuk kapasitas es 20 ton, dan pengelolaan air limbah.

Kampus

“Kini telah memproduksi abon ikan yang diberi label lipacu yang merupakan nama tempat di Koholimombono” Kata Sadisu.

“Produk IKM Kholimombono telah diakui balai POM” tambahnya

Lanjut Sadisu selain produk abon ikan, IKM Koholimombono juga memproduksi kerupuk ikan dan bakso, untuk meningkatkan hasil produk tersebut, Pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Perindustrian melakukan pelatihan dengan mendatangkan pelatih dari Surabaya yang profesional di bidangnya untuk melatih masyarakat dan kelomopok yang tergabung dalam kelompok IKM.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.