SUARA

Presiden RI Bakal Hadiri Hari Pangan Sedunia di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Presiden RI rencananya bertandang ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, tepatnya dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 pada Oktober 2019.

Sekretaris Kota Kendari Nahwa Umar, mengatakan rencana kedatangan presiden RI untuk bersama-sama panen raya kakao di Kabupaten Konawe Selatan, serta panen sagu. Persiapan agenda tersebut, kini sedang dimatangkan yang dijadwalkan pada 23-26 Oktober mendatang.

“Presiden Jokowi rencananya akan datang karena akan panen raya kakao di Konawe Selatan termasuk panen sagu karena ini (HPS) hari pangan,” ucap Nahwa Umar, Rabu (3/7/2019).

Selain presiden RI, dikabarkan juga ketua Food and Agriculture Organization (FAO) serta tamu-tamu dari negara tetangga akan menghadiri HPS di Kota Lulo ini.

“Ketua FAO sendiri akan hadir pada acara ini dan kurang lebih tamu dari 44 negara sahabat akan hadir,” tambah Nahwa.

yamaha

Sebagai tuan rumah, pembukaan HPS dijadwalkan di halaman Kantor Gubernur Sultra pada 24 Oktober mendatang. Dalam rangka agenda tersebut, akan ada sejumlah perlombaan di eks MTQ Kendari mulai 23-26 Oktober, salah satunya lomba cipta menu dan demo masakan yang direncanakan berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Kendari.

“Lomba yang biasa dilaksanakan di HPS seperti provinsi lain yang tidak pernah tertinggal adalah lomba cipta menu yang biasanya diikuti tim penggerak PKK provinsi se-Indonesia. Nanti, berdasarkan hasil rapat kalau tidak ada perubahan akan dilaksanakan di Kantor Wali Kota Kendari yang ikuti 34 provinsi,” jelas Nahwa.

Diagendakan pula, Diplomatik Tour di pabrik sagu terintegrasi FAO, Taman Nasional Rawa Aopa (TBC) pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Pemkot Kendari berharap perhelatan internasional tersebut bisa dibuka resmi presiden RI. (Adv)

Laporan: Ade Putri
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.