SULTRAKINI.COM: Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan nutrisi yang paling dibutuhkan bagi bayi yang baru lahir. ASI merupakan makanan ekslusif yang memiliki nutrisi lengkap. Namun, tidak semua ibu yang baru melahirkan bisa menyusui bayinya dengan ASI. Alasannya karena produksi ASInya tidak bergitu lancar.
Produksi ASI Sedikit, Ini Penyebabnya..
ilustrasi (Foto: google)

Ketidaklancaran ternyata bisa di picu oleh kebiasaan. Berikut ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu ibu kesulitan memproduksi ASI untuk buah hati yang baru lahir. 

1. Tidak memberikan ASI untuk anak pertama

Ibu yang pernah menyusui memiliki peluang memproduksi ASI dengan baik dan lancar. Namun, jika ibu jarang memberikan ASI maka secara alamiah pula air susu ibu pun akan kesulitan di produksi. 

2. Memberikan susu formula

Semakin sering memberikan ASI kepada bayinya, otomatis ini akan membantu ibu membuat produksi ASI yang cukup melimpah. Namun jika ibu memberikan susu formula, maka pemberian ASI akan berkurang dan produksi ASI juga akan ikut turun. 

3. Diet yang ketat

Diet ketat setelah melahirkan memang kerapkali dilakukan para ibu untuk mengembalikan tubuhnya yang lebih ideal. Namun, diet inilah yang ternyata bisa mempengaruhi produksi ASI.

Nah untuk itu sebaiknya anda tidak memikirkan berat badan terlebih dahulu, fokuslah untuk memberikan asupan ASI agar sang bayi bisa tumbuh lebih baik. 

4. Memberikan MPASI lebih cepat

Memberi makanan pendamping ASI terhadap bayi sebaiknya dilakukan setelah enam bulan setelah pemberian ASI ekslusif. Karena jika terlalu dini memberikan MPASI pada bayi ini bisa membuat anda jarang memberi ASI, Hasilnya tentu akan mempengaruhi tubuh ibu dalam memproduksi ASI. 

5. Kekurangan Caitran

Kekurangan cairan pada ibu menyusui pun bisa menyebabkan ibu mengalami penurunan produksi ASI. untuk itu, anda wajib sekali memerhatikan asupan cairan anda. Banyaklah minun air putih serta makan makanan sehat yang memiliki sumber cairan banyak.


Sumber: goldokter.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations