SULTRAKINI.COM: Kemampuan pengolahan data sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan saat ini. Baik sektor swasta mapupun pemerintahan mulai melirik pegawai yang memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang ini. Mereka diperlukan untuk menganalisis berbagai macam data yang dapat muncul di era teknologi yang sangat pesat.
Profesi Data Scientist Banyak Dicari di Masa Depan
PT. Algoritma Data Indonesia

Demi bisa menjadi seorang data scientist atau ahli pengolahan data seseorang pun harus memiliki kemampuan tertentu. Advisor PT Algoritma Data Indonesia Nayoko Wicaksono mengatakan, seorang ahli pengolahan data diharuskan memiliki keahlian dasar statistik, mengerti proses bisnis dan programming. 

"Umumnya bahasa pemrograman yang mereka gunakan adalah R dan Python. Sedikitnya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dan kualitas untuk menjadi seorang Data Scientist membuat pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi di masa ini. Menjamurnya perusahaan teknologi di tanah air juga turut berkontribusi terhadap tingginya tawaran gaji bagi seorang data scientist," ungkap Nayoko dalam keterangannya, Rabu (8/11/2017).

Terkait ini, Algoritma Data Indonesia dengan brand Algoritma hadir untuk menjadi solusi terhadap tingginya permintaan seorang ahli pengolah data di tanah air. Melalui jaringan corporate hiring partner yang dimiliki, Algoritma memberikan jaminan kerja bagi para murid yang telah mengikuti program pembelajaran selama 3 bulan dan lulus dengan nilai kualifikasi minimum.

Tak hanya sampai disitu, Algoritma juga memiliki corporate training services guna memberikan pelatihan data science kepada human capital yang telah dimiliki korporasi. Terbuka kesempatan juga bagi mereka yang ingin mulai belajar dari nol.

Machine Learning adalah salah satu fokus pembelajaran dalam workshop Algoritma. Peserta diperkenalkan menggunakan machine learning algorithm untuk menganalisa data, misalnya saja menggunakan algorithm random forest untuk menganalisa data histori kredit nasabah perbankan.

Di Algoritma, para pelajar bisa belajar cara memvisualisasi data dan mengaplikasikan algoritma machine learning dengan menggunakan bahasa pemrograman R dan Python. Mereka menawarkan berbagai macam workshop, mulai dari yang lamanya 2 jam sampai 3 hari.

Dalam sesi-sesi tersebut, para peserta akan dilatih secara langsung melalui hands-on coding dan kesempatan untuk mengerjakan dataset yang telah disumbangkan oleh berbagai bisnis dan sektor publik.

Semua workshop yang diselenggarakan Algoritma mengambil konsep learn-by-building untuk membantu setiap peserta menguasai seni bahasa pemrograman yang diajarkan dengan cara yang paling cocok untuk pemula.

"Jelas data science telah menjadi bahan pokok semua jenis industri di seluruh dunia. Dengan data, Anda bisa mendapatkan banyak wawasan seperti bagaimana mengoptimalkan penjualan Anda supaya lebih baik, bagaimana meningkatkan hubungan dengan pelanggan, bagaimana menghitung pembayaran polis asuransi, dan masih banyak lagi," tutup Nayoko.


Sumber: liputan6.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations