Program Car Free Day Diluncurkan di Konawe

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Animo masyarakat Konawe dalam berolahraga sepeda, joging, dan jalan santai terbilang cukup tinggi. Hal itulah yang kemudian mendorong lahirnya program Car Free Day di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Program Car Free Day atau hari bebas kendaraan (bermotor) tersebut di-luncurkan langsung oleh Wakil Bupati Konawe, Parinringi. Acara tersebut dihadiri Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa dan sejumlah kepala SKPD, seperti Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muh. Akbar, Kepala Bappeda HK. Santosi dan Kaporapar Konawe Ujung Lasandara. Hadir juga Wakapolres Konawe, Kompol Derry Indra dan Kasatlantas Polres Konawe, AKP Jumiran.

Parinringi dalam sambutannya mengungkapkan, Pemda Konawe sangat mengapresiasi adanya program Car Free Day di Konawe. Pihaknya siap mendukung keberlanjutan program tersebut.

“Salah satu tujuan program ini adalah menuju Konawe sehat 2017, sebagaimana yang juga menjadi program pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten,” terangnya.

Menurut Parinringi, ajang Car Free Day juga bisa menjadi momen silaturahmi bagi warga dan aparat pemerintah. Sehingga ia berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan.

“Kita harapkan kegiatan ini berjalan minimal seminggu sekali dan sebulan sekali untuk kegiatan besarnya. Saya kira ada banyak sponsor yang mau mendukung kegiatan ini,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Peluncuran Program Car Free Day Konawe, Alfairien mengungkapkan acara tersebut dimeriahkan dengan olahraga bersepeda, joging, jalan santai, dan senam zumba. Selain itu ada juga program bagi-bagi hadiah kepada peserta yang menang undian.

gemilang simpeda bank sultra

Pria yang akrab disapa Ririn itu mengungkapkan, peluncuran program Car Free Day awalnya diinisiasi oleh Unaaha Cycling Club (UCC). Pihaknya melihat, kawasan perkantoran Pemda Konawe cukup ramai dengan kegiatan olahraga, seperti bersepeda, joging, jalan santai dan senam dan aktivitas positif lainnya.

“Program ini kami launching agar masyarakat punya kegiatan positif yang bisa kita kerjakan tiap pekan, semisal bersepeda, joging, jalan santai, dan senam,” jelasnya.

Owner Alika Coffe itu juga menyebut, program Car Free Day akan berlangsung tiap pekan dan akan dilakukan tiap hari Minggu. Tempatnya sendiri akan terpusat di kawasan perkantoran Pemda Konawe.

“Kawasan perkantoran ini, nantinya akan steril dari kendaraan bermesin. Sehingga bisa dipakai untuk aktivitas olahraga masyarakat,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan, Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Jumiran. Pihaknya siap menertibkan kawasan Car Free Day dari kendaraan bermotor.

“Jadi nanti untuk kawasan Car Free Day-nya ini, akan kami lakukan pengalihan arus lalu lintas. Untuk lingkaran dalam kantor bupati akan steril dari kendaraan bermotor. Sementara lingkaran luarnya, masih bisa dipakai warga untuk melintas,” tandasya.

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.