Projo Sebut Tak Berafiliasi dengan ‘Berlian Murni’ di Pilkada Konawe

  • Bagikan
Ketua Pelaksana Harian DPD Projo Sultra Rustam Petta Nyalla dan Ketua DPC Projo Konawe, Irvan Umar (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kabar bahwa Organisasi Masyarakat Pro Jokowi (Ormas-Projo) mendukung pasangan Litanto-Murni (Berlian Murni) di Pilkada Konawe 2018 mendatang ternyata tidak benar. Hal itu telah diklarifikasi oleh Ketua Pelaksana Harian DPD Projo Sultra Rustam Petta Nyalla dan Ketua DPC Projo Konawe, Irvan Umar.

Rustam yang dikonfirmasi via telepon mengungkapkan, ada mekanisme yang mesti dilalui jika memang Projo hendak berafiliasi dengan salah satu kandidat di Pilkada, seperti di Konawe. Pertama, mesti ada rapat anggota di tingkat DPC. Setelah disepakati, hasilkan akan dibawa ke DPD. Selanjutnya, DPD Projo akan meneruskan hasil rapat tersebut ke DPP Projo.

“Kalau dari DPP sudah keluarkan arahan, barulah bisa dibuat pernyataan bahwa Projo mendukung salah satu kandidat tertentu,” ujarnya.

Menurut dia, tidak boleh seorang pengurus Projo langsung mengeluarkan pernyataan dengan membawa nama Ormas. Kalau penyataan dukungan secara pribadi terhadap kandidat tertentu, kata Rustam silahkan saja.

“Kami akan beri peringatan yang pertama, kalau tidak diindahkan akan diberi peringatan kedua, kalau masih tidak diindahkan lagi maka akan diberi sanksi pemecatan dari keanggotaan Projo,” terangnya.

Terkait adanya pandangan bahwa Projo identik dengan PDIP, Rustam menegaskan bahwa itu tidak benar. Ia mengungkapkan, bahwa Projo adalah Ormas, sedangkan PDIP adalah partai. Sehingga kata dia, tidak benar jika ada yang ingin menyama-nyamakan.

“Kalau Projo identik dengan Jokiwi, iya benar. Makanya tugas kita adalah mengawal nawacita presiden. Kita ini mata dan telinganya pak Jokowi di daerah-daerah,” tukasnya.

Senada dengan hal tersebut, Irvan juga kembali menegaskan bahwa Projo Konawe tidak terlibat dalam politik Praktis di Pilkada Konawe. Adapun jika ada anggota Projo yang mengeluarkan pernyataan mendukung salah satu kandidat, itu menurutnya adalah penyataan pribadi yang tidak boleh disangkutpautkan dengan nama organisasi.

“Kami tidak ingin isu ini mengganggu kerja teman-teman Projo di daerah. Makanya bahi anggota yang mengeluarkan pernyataan sepihak bahwa Projo mendukung salah satu kandidat di Pilkada Konawe, kami akan berikan sanksi tegas sampai pada pemecatan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari belakangan, salah satu pengurus DPC Projo Konawe, Agus Said mengeluarkan penyataan di akun facebooknya, bahwa Projo Konawe telah mendukung pasangan “Berlian Murni”. Bahkan ia juga secara resmi telah menyatakan hal tersebut pada pemberitaan di salah satu media.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan