Proyek 1000 Hektar Sawah Baru, Distan Kolaka Gandeng TNI

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Dinas Pertanian, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kolaka tahun ini mendapatkan suntikan dana APBN sebesar Rp16 miliar.

 

Kepala Distan Kolaka, Muh. Azikin mengatakan, anggaran belasan miliar tersebut akan dialokasikan pada kegiatan proyek percetakan sawah baru seluas 1000 hektar.

 

\”1000 hektar itu tersebar di 12 kecamatan, namun kecamatan Tanggetada yang mendapat porsi lebih dari kecamatan lainnya,\” terang Azikin ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/3/2016).

 

Dalam pelaksanaan proyek tersebut, secara teknis akan menggandeng pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai pelaksana kegiatan.

 

\”Pelaksanaan proyek ini akan dikerjakan oleh pihak TNI,\” kata Azikin

 

yamaha

Dijelaskan mantan Kabag Pembangunan Setda Kolaka ini, anggaran percetakan sawah baru setiap hektarnya sebesar Rp16 juta.

 

Menurutnya, proyek percetakan sawah baru tersebut diperuntukan bagi petani yang memiliki lahan tidur (non produktif), dengan syarat saat diusulkan, lokasinya memiliki legalitas sah.

 

\”Setiap petani tidak diberi batasan jumlah hektar yang akan dijadikan percetakkan sawah baru. Tapi dengan syarat lokasi yang diusul memiliki bukti kepemilikan yang sah dan lokasinya terdapat sumber mata air,\” jelas Azikin.

 

Setelah percetakan sawah baru selesai, selanjutnya Pemda Kolaka melalui anggaran APBN, juga akan mendapatkan bantuan bibit dan pupuk untuk petani.

 

\”Ini semua adalah upaya untuk menjadikan Kolaka sebagai lumbung beras. Dan, TNI sebagai mitra bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional,\” tutup Azikin.

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.