Iklan Clarion

Proyek Fiktif Ditemukan di Desa Lasada, Inspektorat Konawe: Negara Dirugikan Ratusan Juta

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Inspektorat Konawe bersama anggota Komisi satu DPRD menemukan proyek fiktif di Desa Lasada, Kecamatan Asinua. Total sembilan item pekerjaan fiktif ditemukan dan diperiksa secara khusus.

Pelaksana Tugas Kepala Inspektorat Konawe, Samsul, menjelaskan kesembilan item pekerjaan fiktif menggunakan dana Desa Lasada, misalnya pengadaan bola voli, deker, dan bak penampungan air. Akibat pekerjaan fiktif tersebut, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

“Hasil monev kami tingkatkan menjadi pensus (pemeriksaan khusus). Kerugiaan diduga sekitar Rp 900 juta, tetapi kami melakukan pengecekan lapangan bersama Komisi satu DPRD ada beberapa item yang terlaksana walau belum 100 persen, seperti jalan usaha tani,” jelas Samsul.

Hasil pemeriksaan nantinya ditindaklanjuti dengan sidang Tuntutan Ganti Rugi (TGR), dimana aturan dalam perjanjian Memorandum of Understanding dengan polres dan kejaksaan bakal memberi waktu 60 hari atau dua bulan untuk mengembalikan kerugian tersebut.

“Jika dalam 60 hari tidak ada pengembalian, kami sodor ke aparat penegak hukum untuk proses hukum selanjutnya,” tegasnya.

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.