Iklan Clarion

PSBRW Meohai Kendari akan Latih Keterampilan 25 Disabilitas Asal Buteng

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Panti Sosial Bina Rungu Wicara (PSBRW) Meohai Kendari akan memberikan keterampilan kepada 25 penyandang disabilitas dari Kecamatan Mawasangka, Mawasangka Tengah, dan Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara.

Agenda memberikan keterampilan kepada disabilitas diutarakan pihaknya, ketika melakukan sosialisasi Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang pelaksanaan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas serta sosialisasi program keterjangkauan tahun 2018 di Buteng, Sabtu (14/4/2018).

Kepala Seksi Advokasi Sosial, Nur Alim mengatakan penguasaan keterampilan diberikan agar kemampuan para disablitas terlatih dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

“Insya Allah tahap berikutnya, kami akan berikan pelatihan terkait keterampilan disesuaikan dengan kondisi di daerahnya,” kata Nur Alim kepada SultraKini.Com.

Hadirnya aturan tersebut, lanjutnya, juga sebagai pelindung dari penelantaran, eksploitasi, pelecehan, dan beragam bentuk tindakan diskriminasi.

“Dengan adanya sosialisasi ini bisa membawa dampak positif kepada masyarakat di sekitarnya, untuk tidak mengucilkan bahkan melecehkan keberadaan mereka (disabilitas),” tambahnya.

Kepala Dinas Sosial Buteng, LM Zamrud mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan tersebut, termasuk pelatihan kepada para disabilitas di tiga wilayah setempat. Dia berharap, tidak hanya tiga kecamatan dijadikan sasaran kegiatan, namun menjangkau semua kecamatan di daerah itu.”Sehingga mereka tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

 

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.