PSU Muna Dipantau Langsung KPU RI

SULTRAKINI.COM: MUNA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna telah siap menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Selasa (22/3/2016) di TPS 4 Kelurahan Wamponiki, TPS 4 Kelurahan Raha 1 dan TPS 1 Desa Marobo. Pencoblasan akan dimulai pada pukul 07.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita.

“Pencoblosan akan dimulai jam 7 pagi sampai dengan jam 1 siang,” terang anggota KPUD Muna, Yuliana Rita, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/3/2016).

Penyelenggaraan PSU ini, kata Yuli, akan dipantau langsung KPU RI dalam rangka melakukan supervisi sebagaimana diamanahkan dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Untuk tim supervisi dari pusat, sudah tiba. Yakni, Kepala Biro Logistik dan Kepala Biro Teknis KPU RI. Mereka akan melakukan supervisi di Muna dalam rangka penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang besok,” katanya.

Terkait penyaluran Form C-6, Yuli mengungkapkan hingga tanggal 20 Maret, baru TPS 4 Kelurahan Raha 1 yang menghampiri 80 persen. Sedangkan TPS 4 kelurahan Wamponiki, sudah lebih dari 50 persen tersalur. Begitu juga TPS 1 Desa Maboro baru sekitar 50 persen.

“C-6 yang sudah tersalur untuk Wamponiki 50 persen lebih, TPS 4 Raha 1 dari total 553 yang sudah tersalurkan, sisanya tinggal 143 lebih atau sekitar 80 persen. Dan TPS 1 Desa Marobo baru 50 persen lebih,” bebernya.

yamaha

Pemilih yang tidak mendapatkan Form C-6 sampai tanggal 21 Maret, dibolehkan membawa KTP di TPS. Petugas KPPS akan mencocokkan namanya dalam DPT. Jika cocok, maka bisa memilih. Sebaliknya, tidak diperbolehkan untuk memilih.

”Batas penyaluran C-6 sampai hari ini jam 6 sore, PPS dan KPPS juga sudah berusaha mencari wajib pilih ini. Namun tidak ditemukan seperti halnya di TPS 4 Kelurahan Raha 1. Kita mau apakan juga kalau memang orangnya tidak ada, nda bisa juga kita paksakan, kita mau cari sampai dimana kalau orangnya tidak ada,\” ujar Yuliana, Senin malam.

Form C-6 yang tidak tersalurkan, kata Yuli, pihak PPK, PPS dan KPPS akan membuatkan berita acara setiap hari. Semua berita acara ditandatangani tim Paslon, Panwas termasuk penyelenggara.

TPS Marobo ditempatkan di Lapangan Sepak Bola, TPS 4 Raha 1 di GOR Raha, dan TPS 4 Wamponiki di SOR La ode Pandu Raha. Logistik PSU seperti surat suara dan kelengkapannya telah didistribusikan ke tiga TPS ini.

“Sekarang sudah siap untuk menyelenggarakan PSU. Logistik sudah didistribusi di 3 TPS ini,” pungkasnya.(C)

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.