PT PLM Disoroti Negatif Oleh Warga Desa Wumbubangka

  • Bagikan
Aksi forum masyarakat desa Wumbubangka bersatu kabupaten Bombana di PT PLM. (Foto: Aldi Dermawan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – PT Panca Logam (PLM) menjadi bahan sorotan terkait status aktivitas perusahaan yang terletak di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Salah satunya demonstran yang mengatas namakan forum masyarakat desa Wumbubangka bersatu kabupaten Bombana, Kamis (6/7/2017).

Mereka mendatangi PT PLM dan mempertanyakan Izin USaha Pertambangan (IUP) yang dinilai telah berakhir tahun lalu. Demonstran juga menuntut perusahaan yang sewenang-wenang membangun infrastruktur di kawasan tanah milik warga Desa Wumbubangka tanpa ada kesepakatan kedua pihak.

“Lubang-lubang galian tidak ditimbun kembali, bakal berdampak buruk terhadap masyarakat yang ada di sekitar PT PLM,” kata Orator Demonstran, Karman melalui sambungan telepon.

Dampak lain dari keberadaan perusahan, yakni terjadi kerusakan bendungan yang menjadi sumber pengairan persawahan warga Desa Wumbubangka. Serta mendesak perbaikan jalan poros Wumbubangka-Tembe yang rusak apalagi bila musim hujan tiba. Termasuk perbaikan jembatan Laampombulu.

“Jalan tersebut juga dilalui kendaraan PT PLM dan sama sekali tidak ada upaya atau kontribusi terkait jalan itu,” ucap Karman.

Mereka juga mengancam akan melakukan aksi lanjutan jika aspirasi tidak diindahkan.


Laporan: Aldi Dermawan

  • Bagikan