PT VDNI Kirim 80 Tenaga Kerja Asal Sultra ke China

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Sebanyak 80 orang tenaga kerja lokal PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, diberangkatkan ke China.

Puluhan tenaga kerja lokal asal Sulawesi Tenggara (Sultra), ini diberangkatkan untuk menjalani pelatihan disalah satu Universitas terkenal di Negeri Gingseng tersebut.

Selama satu tahun, mereka akan dibekali pelatihan dengan berbagai jenis keterampilan seperti, peleburan logam dan bidang pembangkit listrik.

HRD PT VDNI, Arys Nirwana mengatakan, program pelatihan itu dilaksanakan untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan dan kemampuan para tenaga kerja lokal. Selama berada di negeri China, puluhan tenaga kerja ini akan terbagi menjadi kelompok sesuai dengan bidang pelatihannya.

“Sebanyak 46 orang untuk bidang peleburan logam, mereka akan mengikuti proses pelatihan di Universitas Yunnan Kunming Metalurgical. Sedangkan 34 orang lainnya, untuk bidang pembangkit listrik ditempatkan di Yancheng Institute of Technology. Program ini juga merupakan bagian dari program alih tehnologi dari tenaga kerja asing kepada tenaga kerja Indonesia,” ujar Ary kepada SultraKini.com saat ditemui di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu (20/5/2018).

Ary menjelaskan, seluruh biaya selama pelatihan di negeri China sepenuhnya ditanggung oleh PT VDNI. Putra daerah yang diberangkatkan merupakan tenaga kerja lokal yang telah dipilih berdasarkan prestasinya selama masa kerja.

“Diharapkan setelah pulang menempuh pendidikan di negeri China tenaga lerja lokal putra daerah ini akan bisa mengimplementasikan keahliannya dengan mengoperasikan bagian-bagian penting dari proses produksi di smleter dan PLTU,” pungkasnya.\

 

Laporan : Wayan Sukanta

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.