PT. WDR Tolak Petugas BTN Wakatobi

  • Bagikan
Foto Eksploitasi Pasir Di PT. WDR (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Petugas Balai Taman Nasional (BTN) Wakatobi diusir oleh pihak PT. Wakatobi Dive Risort (WDR), saat petugas BTN Wakatobi membawa surat pelayangan peringatan eksploitasi pasir.

“Tadi petugas saya ke WDR untuk bawa surat pelayangan peringatan eksploitasi tapi mereka tidak diberikan akses.” Kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Tomia, Chris Awang. Rabu (19/4/2019)

Bahkan lebih paranya, surat yang dibawa oleh petugas BTN Wakatobi ini tidak diterima oleh pihak WDR, “mereka tidak terima surat kami, malahan mereka suruh petugas kami kembali dengan surat.” Ungkapnya

Dikatakan Chris penolakan terhadap petugas BTN Wakatobi ini, sudah terjadi sebanyak tiga kali, sehingga hari ini pihaknya kembali mengirim surat tersebut melalui via email.

Chris mengatakan saat ini pihaknya masih mengumpulkan alat bukti terkait pelanggaran yang dilakukan WDR namun dengan arogansi pihak WDR yang tertutuk sehingga menghambat proses pengelidikan pengidik BTN Wakatobi.

Menurut Chris eksploitasi pasir yang dilakukan PT. WDR tidak bisa di tolesansi karena mereka mengambil pasir untuk kepentingan bisnisnya, 

“kalau masyarakat lokal yang ambil untuk membuat rumah kami masih toleransi karena skla kecil tapi ini skla besar. Dia merusak tempat lain untuk memperindah tokasih bisnisnya.” tegasnya

Pihaknya akan kembali berkoordinasih dengan Kepala BTN Wakatobi terkait langkap apa yang akan di ambil selanjutnya.

Ia pun berharap Pemda Wakatobi juga bisa proaktif untuk melihat persoalan ini agar masalah ini bisa secapatnya terselesaikan.

  • Bagikan