Puas dengan Hasil Kerja TMMD ke-106, Kepala Lingkungan Kolowu Morikana ingin Usulkan Karya Bakti

  • Bagikan
Danrem 143/HO, Kolonel Inf Yustinus. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Danrem 143/HO, Kolonel Inf Yustinus. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Kepala Lingkungan Kolowu Morikana, La Ode Tarmin mengusulkan pemerintah daerah bisa mengadakan kegiatan bakti tentara di lingkungan masyarakat, seperti TMMD di Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan. Mislanya karya bakti tentara.

“Saya sempat tanya ke bapak tentara kegiatan TNI apa yang ada selain TMMD, karya bakti besar katanya, saya ingin mengusulkan kalau bisa diberi kesempatan juga untuk kecamatan Batauga lagi,” terang Tarmin, Kamis (31/10/2019).

Tarmin mengaku sangat puas dengan hasil kerja TMMD yang tidak hanya cepat, tetapi memperdulikan kualitas bangunan. Seperti campuran semen pada pembangunan masjid yang menggunakan kayu berkualitas.

Di satu sisi, bangunan masjid juga mempertimbangkan kekokohannya agar terlindung dari abrasi pantai yang jaraknya sekitar 20 meter. Untuk urusan lainnya, kepala Lingkungan Kolowu Morikana akan mengusulkan ke Pemda agar sedianya dibuat benteng perlindungan perahu.

“Mayoritas masyarakat Batauga itu nelayan, kalau musim barat mereka lari ke Siompu, lari ke Baubau, ke Puma, sampai ke Pasarwajo sembunyikan perahunya. Tapi kalau ada benteng perlindungan perahu di sini sekaligus melindungi masjid kita yang sudah dibangun tentara,” jelasnya.

Foto bersama pemerintah daerah, masyarakat dengan TNI usai upacara penutupan TMMD ke-106 Kodim 1413/Buton. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Foto bersama pemerintah daerah, masyarakat dengan TNI usai upacara penutupan TMMD ke-106 Kodim 1413/Buton. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

Menanggapi hal tersebut, Komandan Korem (Danrem) 143/HO, Kolonel Inf Yustinus menyambut baik niat kepala lingkungan Kolowu Morikana. Menurutnya itu juga bagian dari tugas tentara membantu pemerintah daerah dalam pembangunan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“Apa yang menjadi keinginan masyarakat memang harus dari masyarakat. Jika ada permintaan masyarakat untuk mengadakan kegiatan bakti di daerahnya nanti disalurkan melalui kelurahan, kelurahan ke pemerintah daerah kemudian ke provinsi,” ucap Yustinus saat mengunjungi Masjid Masiri usai menutup TMMD ke-106 di Busel. (Adv)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan