Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Pukul 16.00 Hasil Pilkada Kendari Ditahu, SultraKini.com akan Rilis Real Count FISIP UHO

SULTRAKINI.COM: Pukul 16.00 Wita hari (Rabu, 15 Februari 2017) pemungutan suara Pilkada, masyarakat Kota Kendari sudah bisa mengetahui pasangan calon walikota yang memperoleh suara terbanyak pada 520 TPS (tempat pemungutan suara).

Data perolehan suara itu akan dirilis oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (FISIP UHO) yang melaksanakan real count dan segera disiarkan oleh media massa, utamanya media online.

SultraKini.com sebagai media online terbesar dan ternama di Sultra akan ikut menyebarluaskan hasil real count yang disampaikan FISIP UHO hari itu. 

“Kami turunkan mahasiswa di 520 TPS, jadi kami tidak melakukan sampling, melainkan sensus. Inilah bedanya dengan lembaga-lembaga survei lainnya,” jelas Dekan FISIP UHO Dr Bachtiar kepada wartawan di Kendari, Senin (13 Februari 2017) sore.

Mekanisme kerjanya yakni setiap hasil perolehan pasangan calon di TPS akan disampaikan pada setiap koordinator kecamatan untuk kemudian ditabulasi pada pusat data di FISIP UHO. Hasil tabulasi data itu kemudian diumumkan kepada publik 

“Tapi ingat, kami hanya menyampaikan data-data suara yang diperoleh dari setiap TPS. Ini bukan menyampaikan siapa pemenang. Keputusan siapa pemenang adalah kewenangan penyelenggara, dalam hal ini KPU,” kata Bachtiar lagi.

FISIP UHO melakukan real count telah mendapat legitimasi dari KPU Kendari selaku penyelenggara.  

Pelaksanaan real count melibatkan sejumlah prodi seperti Prodi Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Sosiologi, dan Hubungan International.

Tujuannya adalah sebagai bentuk partisipasi dalam pesta demokrasi sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk itu, inisiatif dan tanggung jawab sepenuhnya ada pada pihak FISIP UHO. Sebab pelaksanaan real count tidak teraviliasi dengan salah satu calon atau pihak mana pun. 

FISIP UHO akan mengikuti rambu-rambu yang ditetapkan oleh KPU karena ini menyangkut kredibilitas kampus.

Kegiatan ini dimotori oleh dosen dan mahasiswa yang dilandasi kaidah akademik.

Sementara itu Dr. Najib saat mendampingi Dekan FISIP UHO menjelaskan real count Pilkada Kota Kendari melibatkan 520 mahasiswa di semua TPS yang tersebar dari 64 kelurahan dan 11 kecamatan yang ada di Kota Kendari. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.