SUARA

Puluhan Nelayan Konaweha Diusulkan dapat Kartu Nelayan, 12 Orang sudah Terima

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Nelayan Desa Konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, beberapa dari mereka telah mendapatkan Kartu Asuransi Nelayan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kolaka.

Sebanyak 60 nelayan diusulkan oleh kepala desa setempat menerima kartu itu, 12 nelayan di antaranya telah memegang kartu tersebut pada tahap pertama. Sisanya akan dibagikan secara bertahap.

Nelayan setempat mengaku bangga dan antusias atas pemberian bantuan tersebut. Sebab, kartu asuransi itu akan membantu mereka ketika mendapatkan musibah saat melaut.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Desa Konaweha, juga Dinas Kelautan dan Perikanan Kolaka, karena sudah mau memperhatikan rakyat kecil seperti saya ini, nanti saya dan keluarga tidak khawatir lagi apabila terjadi kecelakaan, karena sudah ada kartu asuransi,” kata Seorang Nelayan, Akil, Minggu (1/4/2018).

Kepala Desa Konaweha, Hastu mengatakan bahwa bantuan kepada nelayan dalam bentuk kartu asuransi ini sejalan dengan visi misinya pada saat pencalonanya di pemilihan kepala desa.

yamaha

“Bantuan kartu asuransi ini sebenarnya adalah janji saya kepada masyarakat Konaweha pada saat saya mencalonkan kepala desa, Alhamdulliah itu dapat terwujud. Saya kira kita harus bersyukur dan semoga bantuan yang tak seberapa ini dapat bermanfaat bagi warga saya khususnya,” ucap Hastu.

Dia menghimbau kepada warganya yang telah menerima kartu maupun yang sementara proses penyaluran, agar dalam melakukan aktivitasya sebagai nelayan tetap memperhatikan dan menjaga ekositem laut.

“Nelayan harus tetap gunakan alat tangkap yang ramah lingkungan, supaya hasil-hasil laut tetap terjaga dan melimpah untuk keberlangsungan kita bersama,” tambahnya.

Penyuluh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kolaka, Ansar mengungkapkan adanya kartu asuransi nelayan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena dalam kurun waktu setahun nelayan tidak dimintai iuran setiap bulannya atas pemberian kartu asuransi tersebut.

“Saya berharap kepada warga Komaweha, kartu asuransi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bagaimana mengurangi biaya perobatan apabila terjadi kecelakan yang tidak diinginkan, dan yang belum menerima saya harap 48 nelayan lainya bersabar nanti juga akan diberikan,” tutupnya.

 

Laporan: Zulfikar/Suparma Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.