SUARA

Puluhan Ribu Umat Hindu Konawe Ikut Melasti di Bendung Wawotobi

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Umat Hindu se-Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan Melasti di Bendung Wawotobi, Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940, Rabu (14/3/2018).

Keterangan dari panitia, kegiatan tersebut diikuti 16 desa adat yang menghimpun sekira 20 ribu umat Hindu di tempat kegiatan. Melasti kali ini mengangkat tema “Melalui Catur Brata Penyepian Kota Tingkatkan Solidaritas sebagai Perekat Keberagaman dalam Menjaga Keutuhan NKRI.”

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Konawe, Ridwan Lamaroa Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto dan H. Alaudin, Kapolres Konawe AKBP Muh. Nur Akbar, serta sejumlah pimpinan SKPD. Hadir juga sejumlah tokoh penting umat Hindu di Konawe dan Sultra.

Ketua Panitia Kegiatan Melasti, Kadek Rai Sudiani dalam sambutannya menuturkan kegiatan tersebut merupakan program bersama umat Hindu se-Kabupaten Konawe dan telah tertuang dalam program Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Konawe yang dilaksanakan dua tahum sekali (tahun genap, red).

“Kita bersyukur, kegiatan ini bisa terselenggara sesuai yang dijadwalkan karena adanya dukungan dari berbagai pihak,” jelasnya.

yamaha

Ketua Komisi I DPRD Konawe itu mengucapkan terimakasih kepada Pemda Konawe yang telah banyak membantu kegiatan keagamaan umat Hindu selama ini. Ucapan yang sama juga ia berikan kepada DPRD Konawe yang selalu menerima baik setiap usulan kegiatan keagamaan umat Hindu di Konawe.

“Selain itu tak lupa pula kamo sampaikan kepada umat Hindu yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini secara swadaya, serta para donatur yang turut andil dalam menyukseskan kegiatan ini,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua PHDI Konawe, Negah Sumarata. Ia bahkan memberikan apresiasi khusus kepada Sekda Ridwan Lamaroa, karena selalu tampak ikut serta disetiap kegiatan-kegiatan umat Hindu di Konawe.

“Batin kami akan mencatat setiap sumbangsi dan suport yang bapak ibu berikan kepada kami,” pungkasnya.

 

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.