Puluhan Santri di Sultra akan Terima Beasiswa Berprestasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 60 santri di Provinsi Sulawesi Tenggara bakal menerima bantuan pendidikan dari Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Kini, calon penerima beasiswa sementara mengikuti seleksi dari Kementerian Agama RI secara online.

Beasiswa bagi santri berprestasi ini nantinya membantu para santri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Indonesia. Tahun ini, Sultra mendapatkan kuota 60 orang.

“Beberapa waktu lalu, ada 87 orang peminat, namun hanya 60 orang bisa diterima. Perlu kami sampaikan, 27 orang lainnya digugurkan setelah dilakukan penghitungan ranking berdasarkan nilai rapor para santri,” jelas Kepala Bidang Pendidikan Keagamaan Islam Kemenag Sultra, Muh Nasir, Senin (30/5/2019).

Selain nilai rapor, penerima beasiswa juga diwajibkan mengantongi rekomendasi dari pondok pesantren masing-masing. Bahkan, prestasi di bidang qoriah dan qoriah, hafiz, dan prestasi olahraga menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan beasiswa.

“Rencananya, mereka akan tes tertulis secara online dan wawancara yang dilaksanakan oleh pusat. Tahun sebelumnya, para santri menerima bantuan senilai Rp 1 juta per bulan per orang,” ujarnya.

Kepala Seksi Pondok Pesantren Kemenag Sultra, Kamaluddin, menambahkan puluhan santri penerima PBSB tersebar di semua kabupaten dan kota di Sultra. Jauh hari sebelumnya, pihaknya menyampaikan informasi seputer mekanisme beasiswa santri berprestasi tersebut.

“Ada 12 perguruan tinggi sasaran direkomendasikan, di antaranya IAIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Makassar, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, dan beberapa perguruan tinggi lainnya,” ucap Kamaluddin.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.