PUPR Kota Kendari Siapkan Anggaran Rp 400 juta Atasi Genangan Air di Lepo-lepo

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari mengalokasikan anggaran senilai Rp 400 juta guna mengatasi genangan air yang kerap terjadi ketika hujan di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Lepo-lepo (depan Rumah Sakit Hati Mulia).

Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, mengaku untuk penuntasan genangan air merupakan program prioritas Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) dibawah kepemimpinan Sulkarnain Kadir selaku Wali Kota.

Dia mengatakan, meskipun pekerjaan drainase menjadi kewenangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR karena berstatus jalan nasional. Tapi pihaknya juga harus berperan aktif demi kenyamanan masyarakat di sekitar lokasi tersebut. 

“Kita sudah dialog dengan masyarakat, termasuk dengan pihak kepolisian. Banyak faktor yang menyebabkan itu, seperti adanya pembangunan perumahan yang lahannya telalu lama dibiarkan tebuka sehingga sedimennya itu mengalir kedepan, membawa lumpur. Jadi, solusinya kita harus bongkar plat deker disitu,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/6/2020).

Disamping itu juga, kata Erlis, pihaknya sudah bersurat Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari meminta ijin pengerjaan. Pasalnya, pengerjaan drainase masih menjadi kewenangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari.

yamaha

“Ini sebenarnya kewenangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari, tetapi kita juga harus bergerak meskipun masuk jalan nasional karena ini untuk kepentingan masyarakat Kota Kendari. Kita sudah siapkan anggaran sekira Rp 400 juta,” terangnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido menambahkan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya bakal segera langsung action menuntaskan genangan air. Kendati, kondisi sekarang masih dalam pandemi Covid-19.

“Penangannya kita akan angkat plat-plat deker masyarakat. Kan banyak yang sudah tertutup. Nah ini yang mau kita angkat dan perbaiki. Kita juga akan atur kemiringannya supaya air lancar mengair ke kali Wanggu,” tuturnya.

“Mudah-mudahan anggaran yang ada cukup untuk membuka dan menganti plat masyarakat dulu. Kita sedang dalam persiapan. Tahun ini target selesai,” tambahnya lagi. 

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.