SUARA

Puskesmas di Mubar sudah Miliki Ambulans, Dinkes: Penggunaannya Gratis

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Wakil Bupati Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani menyerahkan mobil operasional kesehatan untuk pelayanan kesehatan puskesmas di wilayah setempat. Penyerahan dilakukan di halaman parkir Bandara Sugimanuru, Rabu (2/5/2018).

Mobil ambulans diserahkan sebanyak 13 unit, terdiri dari dua unit untuk dokter spesialis, satu unit operasional gudang farmasi dinas kesehatan, satu unit ambulans dinas kesehatan, dan sembilan unit tersebar di sejumlah puskesmas di wilayah Mubar.

Kesembilan puskesmas dari total 15 puskesmas yang mendapatkan bantuan tersebut, di antaranya puskesmas Kombikuno, Guali, Kampobalano, Barangka, Lailangga, Marobea, Tondasi, Pajala, dan Puskemmas Lawa. Sementara puskesmas lainnya telah memiliki ambulans.

Ada juga dua unit kendaraan roda dua diserahkan untuk dokter spesialis obgyn dan dokter spesialis penyakit dalam.

yamaha

“Mobil Ambulans bukan hanya mengantar pasien rujukan dari puskesmas ke rumah sakit saja, tetapi menjemput pasien dari rumah ke puskesmas. Begitu juga dengan kendaraan roda dua, digunakan untuk mengunjungi pasien di rumah. Kedepan saya tidak mau dengar lagi ada pasien yang tidak mampu ke puskesmas dan tidak dikunjungi oleh petugas kesehatan,” ucap Achmad.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, Ns. Hidayat menjelaskan semua kendaraan tersebut beradal dari APBD 2017. Diharapkannya, kendaraan operasional itu menunjang pelayanan terhadap masyarakat sesuai peruntukannya di wilayah masing-masing. Misalnya, pelayanan mobil ambulans secara gratis kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Bantuan pelayanan harus tepat sasaran, jadi masyarakat itu tidak perlu lagi ketika dalam keadaan darurat tidak lagi sewa mobil lain, karena mobil ambulans sudah ada,” terang Hidayat.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.