Puting Beliung Hancurkan Sejumlah Rumah Warga di Dua Kabupaten di Sultra

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Puting beliung kembali memporak-porandakan puluhan rumah di Pulau Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (5/1/2020) sekitar pukul 21.30 Wita. Angin ini juga menghancurkan rumah di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di hari yang sama.

Data sementara dihimpun Sultrakini.com, puting beliung menghancurkan rumah di Kecamatan Wangi-wangi Selatan tepatnya Kelurahan Mandati I sebanyak dua rumah dan Kelurahan Mandati II sebanyak tujuh rumah.

Jumlah kerusakan rumah akibat bencana ini Minggu malam-bertambah. BPBD Wakatobi juga mendata adanya kerusakan rumah di Kecamatan Wangi-wangi, yakni Desa Pookambua dua rumah, Kelurahan Wandoka dua rumah, serta Desa Wailumu, dan Desa Waha. Namun jumlah pasti akibat puting beliung masih di data pihaknya.

Kepala BPBD Wakatobi, Yusuf, mengaku timnya sementara turun ke lapangan mendata dampak puting beliung.

“Saya sudah sebarkan tim untuk lakukan pengecekan di lapangan. Kalau sudah ada data pastinya, nanti saya infokan lagi,” ucap Yusuf, Senin (6/1/2020).

Ada juga tim dari Basarnas dan TNI-Polri melakukan pertolongan di lokasi bencana tersebut.

Sementara itu, seorang warga Mandati I, Asihun menceritakan awalnya hanya angin kencang, namun beberapa menit kemudian puting beliung datang dan langsung menerbangkan atas rumahnya hingga ke rumah tetangga di seberang jalan rumahnya.

Fortune

“Saat masih angin kencang saya dan keluarga langsung lari keluar rumah, beberapa menit kemudian tiba-tiba atap rumah kami diterbangkan angin ke rumah tetangga diseberang jalan,” terangnya.

Anging puting beliung juga menumbangkan sejumlah pohon sehingga mengakibatkan terjadi pemadaman listrik di sejumlah desa/kelurahan di Pulau Wangi-wangi.

Bencana ini sempat terjadi di Wakatobi pada Kamis (2/1/2020) sekitar pukul 03.30 Wita. Meski tidak ada korban jiwa, namun sejumlah dilaporkan rusak parah hingga ringan, serta sejumlah pohon tumbang.

(Baca: Bupati Wakatobi Tinjau Dampak Puting Beliung: Bantuan akan Disalurkan)

Kerusakan rumah akibat puting beliung juga terjadi di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara pada Minggu (5 Januari 2020) pukul 19.00 Wita.

Bencana ini merusak empat rumah di Dusun III, Desa Lawadia, Kecamatan Tiwu. Kerusakan rumah warga rata-rata dilaporkan atap rumah mereka diterbangkan angin.

Sedangkan dampak puting beliung di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara belum ada kejelasan data terkait jumlah korban ataupun kerusakan rumah.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.