SUARA

Putra Sultra Menjadi Asdep Kemenko Marves

SULTRAKINI.COM: JAKARTA – Putra Sulawesi Tenggara, Dr Muh Rasman Manafi SP MSi, dilantik sebagai Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordintor Bidang  Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Selasa (25 Agustus 2020).

Rasman dilantik bersama 20 eselolan II lainnya, oleh Sekretaris Kemenko Marves, Agung Kuswandono, berlangsung di Auditorium Gedung BPPT 2 Kemenko Marves dalam suasana penuh protokol Covid-19.

Rasman dan para pejabat eselon II yang dilantik merupakan hasil seleksi terbuka pengisian jabatan tinggi pratama lingkup Kemenko Marves yang berlangsung dari Juni hingga Agustus 2020.

Sekretaris Kemenko Marves, Agung Kuswandono, dalam sambutannya mengatakan, Kemenko Marves menjadi yang terbaik dengan kinerja dan koordinasi, sehingga para pejabat yang dilantik diharapkan bekerja lebih baik lagi untuk mewujudkan misi institusi.

“Jaga kekompakan dan lakukan yang terbaik dalam pembangunan maritim bagi pembangunan bangsa,” pesan Agung Kuswandono. 

Dia meminta para pejabat yang dilantik untuk mewujudkan target semua kinerja pada angka 100 persen dengan meningkatkan koordinasi lintas kementerian, khususnya 7 kementerian di bawah koordinasi Kemenko Marves.

Rasman sebelum dilantik menjadi Asdep, menjabat sebagai Kabid Pengelolaan Jasa Kelautan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim.

Mengenai jabatan barunya, usai dilantik, Rasman menjelaskan, dia mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang pengelolaan ruang laut dan pesisir.

yamaha

“Karena kami ini berada di Kemenko, maka kami bertugas mengkoordinasi, mmensinkronisasi, sekaligus mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan kementerian lain mengenai  pengelolaan ruang laut dan pesisir,” kata Rasman, lulusan Doktor kajian pesisir dan pulau pulau  kecil IPB.

Sedangkan fungsinya, Rasman menyebutkan ada tiga. Pertama, penyiapan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang penataan ruang dan zonasi, pengelolaan jasa kelautan, serta pengelolaan konservasi perairan dan pendayagunaan pulau-pulau kecil.

Kedua, penyiapan pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang penataan ruang dan zonasi, pengelolaan jasa kelautan, serta pengelolaan konservasi perairan dan pendayagunaan pulau-pulau kecil.

“Ketiga, pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang penataan ruang dan zonasi, pengelolaan jasa kelautan, serta pengelolaan konservasi perairan danpendayagunaan pulau-pulau kecil,” ujar Rasman yang juga alumni Faperta Unhalu.

Rasman adalah putra Sultra kelahiran Kendari, 7 November 1973, putra pertama dari pasangan H Manafi dan Hj Rasiah. Ayahnya berasal Kaledupa pernah menjabat Kepala Biro Statistik Kolaka dan Kota Baubau.

Rasman menyelesaikan pendidikan SMA di SMAN 1 Kendari, lalu menempuh pendidikan S1 di Agronomi Faperta Unhalu (1991-1997), lalu melanjutkan S2 dan S3 di IPB Bogor.

Semasa menjadi mahasiswa, Rasman aktif di organisasi kemahasiswaan seperti senat mahasiswa, FKK Himahri, dan HMI.

Sebelum menjabat eselon III di Kemenko Maritim melalui seleksi terbuka tahun 2015 sempat mengabdikan diri di Pemkot Baubau dengan jabatan terakhir Kabag Administrasi Sumberdaya Alam Setda Kota Baubau.

Laporan: Shen Keanu

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.