Quick Count JSI: Haliana – Ilmiati Menang di Pilkada Wakatobi

SULTRAKINI. COM: KENDARI – Berdasarkan hasil Quick Count (hitung cepat) lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) di Pilkada Wakatobi 2020 yang digelar hari ini Rabu, 9/12/2020, perolehan suara pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi nomor urut 2 Haliana – Ilmiati Daud (HATI) mengungguli perolehan suara paslon nomor urut 1 Arhawi – Hardin La Omo (HALO).

Manajer Riset JSI, Rudi Ruswandi mengatakan, quick count perolehan suara tersebut tidak serta merta tapi sudah melalui proses riset. Dimana berdasarkan data KPU jumlah populasi atau daftar pemilih tetap di Wakatobi yakni sebanyak 73.928 wajib pilih yang tersebar di 274 TPS.

“Hasil quick count JSI menyatakan bahwa perolehan suara pasangan HATI  yakni 51,43 persen, sedangkan paslon HALO memperoleh suara 48,57 persen,” ungkapnya, saat merilis hasil hitung cepat Pilkada Wakatobi, Rabu (9/12/2020).

Dijelaskannya, TPS yang dijadikan sampel pada hitung cepat ini yakni sebanyak 200 TPS dari 274 TPS se Kabupaten Wakatobi yang tersebar secara acak di setiap kecamatan atau dapil se- Kabupaten Wakatobi.

Sementara, jumlah partisipasi pemilih di Wakatobi yakni sebanyak 83,75 persen. Sampling error dalam hitung cepat ini yakni lebih kurang sebanyak 1 persen.

“Perolehan suara tersebut berdasarkan hasil perhitungan langsung di TPS yang sudah masuk 100 persen,” ujarnya.

Rudi membeberkan, pasang HATI  hampir unggul disemua daerah pemilihan (Dapil). Di Dapil I yakni Kecamatan Wangi-Wangi dengan 49 TPS pasang HALO memperoleh suara 54,08 persen sedangkan pasang HATI memperoleh suara 45,92 persen.

Di Dapil II Kecamatan Wangi-wangi  Selatan dengan 53 TPS pasangan HALO memperoleh suara 39,98 persen dan pasangan HATI memperoleh suara sebanyak 60,2. Pada Dapil III meliputi Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan dengan 38 TPS pasang nomor urut satu atau HALO memperoleh suara sebanyak 48,83 dan pasangan HATI memperoleh suara 51,17 persen.

Sedangkan di Dapil IV meliputi Kecamatan Tomia dan Tomia Timur dengan jumlah TPS 32 pasangan HALO unggul dengan perolehan suara 53,83 persen sedangkan HATI hanya memperoleh 46,17 persen suara. Dan pada Dapil V meliputi Kecamatan Binongko dan Togo Binongko dengan jumlah TPS 28, pasangan HALO memperoleh 49,73 persen dan pasangan Haliana-Ilmiati Daud memperoleh suara sebanyak 50,27 persen.

“Selisih suara 2,2 persen. Jadi relawan kami dilapangan yang mengumpulkan data, kemudian diserahkan ke koordinator wilayah, selanjutnya ke server, menjadi data base. Lalu data dianalisis dan dipublikasi quick count. Teknik sampling, multistage random sampling, sampling error kurang lebih satu persen,” pungkas Rudi.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.