SUARA

Rahasia Dibalik Warna Putih Pakaian Astronaut

SULTRAKINI.COM: Salah satu yang paling menonjol dari astronaut adalah pakaiannya berwarna putih. Pakaian putih itu dipakai saat astronaut melakukan aktivitas atau misi di luar Stasiun Antariksa Internasional atau ISS.

Ternyata ada alasan dan pertimbangan mengapa pakaian astronaut adalah putih. 

Dikutip dari Spaceflight NASA, Jumat 16 Februari 2018, salah satu alasan terpenting pemilihan warna putih karena warna ini memantulkan panas, sehingga astronaut tidak merasakan terlalu hangat. 

Astronaut pada dasarnya juga merasa kedinginan, biasanya itu terjadi di tangan mereka. Untuk itulah, pada pakaian astronaut dilengkapi dengan pemanas di sarung tangan mereka, untuk menjaga dari kondisi yang terlalu dingin. 

yamaha

Pertimbangan lain astronaut mengenakan pakaian putih adalah warna itu sangat kontras dengan warna latar belakang antariksa yang gelap gulita, sehingga antara astronaut bisa saling menjaga dan memantau dalam menjalankan aktivitas di luar ISS. Apalagi untuk menjalankan aktivitas di luar ruangan ISS, biasanya astronaut tak pernah sendirian tapi selalu berpasangan. 

Pada pakaian astronaut tidak sepenuhnya berwarna putih. Jika dilihat saksama, ada empat garis merah pada empat bagian di tangan dan kaki. Garis merah itu berfungsi sebagai penanda bagi astronaut lain, supaya bisa saling berkoordinasi dengan astronaut lainnya.

Putih di luar tapi warna-warni di dalam. Saat astronaut berada di dalam ISS, mereka mengenakan pakaian yang berwarna-warni.

Sumber: Viva.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.