SUARA

Raih Adipura Buana, Kery Janjikan Kesejahteraan Pegawai Kebersihan

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kerja keras Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe dalam menjaga kebersihan dan keindahan ibu kotanya akhirnya membuahkan hasil. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa secara resmi menerima piala Adipura Buana yang diserahkan langsung oleh wakilnya, Parinringi, Senin (25/07/2016).

Piala Adipura Buana diserahkan oleh Wakil Presiden, H. Jusuf Kalla kepada ketua tim penerima Adipura Konawe, Parinringi, di istana presiden, Jumat (22/07/2016). Piala tersebut tiba di Bandara Haluoleo Sultra sekira pukul 12.00. Kedatangan Wabup, disambut langsung oleh bupati bersama rombongan. Piala Adipura pertama untuk pasangan tersebut pun langsung diarak menuju kantor Sekretariat Daerah (Setda) Konawe. Di saksikan segenap unsur SKPD, Parinringi memberikan piala tersebut kepada Kery. Selanjutnya, diserahkan kepada Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara.

Pada kesempatan itu, Kery memberikan apresiasi kepada pasukan kebersihan Konawe. Ia berjanji akan memperhatikan kesejahteraan kepada lebih dari 300 pegawai yang bertugas membersihkan ibu Kota Unaaha. “Kesejahteraan akan kita tingkatkan. Tentu semuanya akan disesuaikan dengan keuangan daerah,” jelasnya.

 

yamaha

Menurut Kery, lama kerja pegawai kebersihan tiap harinya berdurasi dua jam. Dalam sebulan mereka menerima upah yang variatif. Ada yang Rp 900 ribu, hingga di atas Rp 1 juta. Upah tersebut akan dipertimbangkan untuk dinaikan, mengingat tantangan kerja untuk mempertahankan Adipura kedepannya akan cukup tinggi.

“Yang susah itu mempertahankan. Tapi inilah tantangan dipemerintahan kami saat ini,” terangnya.

Pada waktu yang sama, Parinringi menurutkan ada sekitar 540 kabupaten/kota se-Indoensia yang dinilai. Namun hanya ada 100 lebih daerah yang presentasi. Dari jumlah tersebut, 99 daerah dinyatakan mendapat Adipura. Sebanyak 3 daerah mendapat Adipura Paripurna, 40 daerah mendapat Adipura Kirana dan 56 daerah yang mendapat Buana. Konawe masuk termasuk penerima Adipura Buana.

“Adipura Buana diberikan untuk kota kategori kecil. Penilaian ini juga menyematkan Unaaha menjadi kota layak huni,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.