Ramaikan Pilkada Mubar Perdana, Pemda dan Sekolah Libur

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Pemilihan kepala daerah serentak pada 15 Februari mendatang, disambut suka cita oleh masyarakat Muna Barat. Sebab pesta demokrasi lima tahunan itu pertama kali dilakukan di daerah otonomi pecahan Kabupaten Muna tersebut.

Pemerintah pun meliburkan semua aparatur sipil negara, termasuk anak sekolah. Plt. Bupati Muna Barat, Drs. Rony Yakub La Ute menjelaskan, ini untuk menindaklanjuti Keputusan Presiden (Kepres) nomor 3 tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional.

Pemda bahkan mengapresiasi keluarnya Kepres ini. Sehingga Pemda Mubar pun memberikan keleluasaan kepada para ASN, baik pejabat maupun seluruh staf untuk aktif dan berpartisipasi, ikut memilih secara langsung pemimpinnya lima tahun ke depan.

“ASN harus netral, ASN jangan jadi politik. Profesional adalah integritas utama,” ujar Rony.

Hal senada diungkapkan Plt Sekda Mubar, LM Husen Tali. Bahkan akan membantu jalannya Pilkada perdana ini. 

“Tentunya sarana dan prasarana kita sediakan. Antisipasi kekurangan tempat maka kami menyiapkan gedung sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA atau gedung lainya,” terang Husen Tali.

Pada momen Pilkada ini, Pemda meliburkan seluruh aktifitas pegawai negeri sipil. Namun tidak semuanya, unit pelayanan publik seperti rumah sakit, Puskesmas, perbankan, keamanan dan ketertiban, dan unit sejenis lainnya harus tetap memberikan layanan.

“Ini karena fungsi pelayanan publik dari unit-unit tersebut berhubungan dan berdampak langsung kepada masyarakat luas. Sehingga jika ikut libur maka pelayanan masyarakat Muna Barat akan lumpuh,” tutup Husen.  

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.