Rancang Tenunan Sultra Mendunia, Dekranasda Genjot dari Pengrajin

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kabupaten Muna akhirnya memiliki Gedung Unit Pelaksana Teknis Tenun dan showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah. Bangunan yang baru diresmikan Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tina Nur Alam, Minggu (16/04/2017) kemarin, disambut baik para pengrajin tenun dari masyarakat setempat.

Kain tenunan Sultra memang terkenal akan kekhasannya di skala lokal, nasional maupun mancanegara. Satu diantaranya, tenunan Muna yang telah dipamerkan dalam fashion show di luar negeri oleh Seorang putra daerah di bidang modeling, dalam ajang Little World di Beijing, Cina dan negara Thailand 2016 lalu. Masing-masing rancangan menggunakan konsep Kaghati (layang-layang) dan Burung Mekongga ala Desainer Amir Malik.

Dilansir dari dekranasdasultra.blogspot.co.id (17/04/2017), Tina Nur Alam, berjanji akan memperjuangkan tenunan Sultra sebagai salah satu aset nasional. Dirinya juga menjalin kerjasama dengan desainer nasional ternama, Denny Wirawan dan Defrico Audi, guna merancang sejumlah tenunan dengan nuansa etnik yang sangat memikat, seperti tenun khas Suku Tolaki, Muna, Buton, Mekongga dan Moronene.

Ia juga bakal melatih para pengrajin tenun mengembangkan kualitas tenunan sesuai kebutuhan pasar sehingga berdampak pada sektor ekonomi daerah.

Kedatangan Tina di Kabupaten Muna, sekaligus pencanangan kampung tenun di Desa Masalili, Kecamatan Kontunaga.

Ia ditemani Ketua Dekranasda Muna, Yanti Setiawati Rusman, Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu bersama ibu, Sekda Muna Nurdin Pamone bersama ibu, para kepala SKPD, anggota Tim Penggerak PKK, Ibu Bhayangkara Polres Muna, Camat, Lurah serta para Kepala Desa selama kunjungan kerjanya di aerah tersebut. 

“Penjemputan yang sebenarnya, diantaranya pengalungan bunga, Tari Ewa Wuna serta beberapa penampilan lainnya dari masyarakat setempat,” Kata Ketua Dekranasda Muna, Yanti Setiawati Rusman, kepada SultraKini.Com di sela-sela penjemputan.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.