SULTRAKINI.COM: KENDARI - Ketua Koordinator Survei Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) Provinsi Sulawesi Tenggara, Sumadi Dilla mengatakan selain melakukan rilis indeks kemerdekaan di daerah setempat, juga diagendakan dialog media dan pilkada, kuliah umum, serta deklarasi media pada 1-2 Desember 2017 di salah satu warkop di Kota Kendari.

Rangkaian Kegiatan Survei IKP Sultra Bakal Dihadiri Ketua Dewan Pers
Survei Indeks Kemerdekaan Pers Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

Dalam agenda dialog dijadwalkan bakal hadiri Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo beserta 29 media yang ada di Sultra, partai politik, bakal calon gubernur, serta dosen Jurnalistik dan Komunilasi.

"Hari pertama di tanggal 1 (1 Desember), kita akan menyelenggarakan dialog Media dan Pilkada Serentak, Deklarasi Media dengan tema Media Sehat untuk Pilgub Aman di Sulawesi Tenggara, pukul 16.00 Wita," jelas Sumadi yang juga Ketua Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo (UHO), Kamis (30/11/2017).

(Baca: Jurnalistik UHO akan Release Indeks Kemerdekaan Pers Sultra dan Polling Online Pilgub)

Sementara di hari kedua, tepatnya 2 Desember 2017, digelar kuliah umum bertemakan "Melawan Hoaks di Media Sosial" bertempat di gedung Rektorat UHO. "Juga akan dihadiri Ketua Dewan Pers Indonesia Yosep Adi Prasetyo, sejumlah dosen Jurnalistik dan Komunikasi, serta Mahasiswa UHO," tambah Sumadi.

Sebelumnya, survei indeks kemerdekaan pers atau IKP telah dirilis di Jakarta. Alhasil, Sultra berada di posisi ke-19, kategori sedang mengarah baik dengan skor 67,9 dari 34 provinsi di Indonesia. Sedangkan posisi pertama, ditempati Provinsi Aceh, disusul Kalimantan Timur, kemudian posisi ke tiga dari Provinsi Sumatera Selatan.


Laporan: Mita

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations