Rapor Mutu Sekolah Dibagikan, Tujuh Daerah di Sultra Terima Reward

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Beberapa waktu lalu, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara memberikan reward kepada tujuh kabupaten/kota yang memiliki rapor mutu sekolah dengan kategori baik. Hal tersebut diberikan untuk meningkatkan motivasi sekolah dan pemerintah kabupaten/kota untuk memperhatikan mutu pendidikan di wilayahnya masing-masing.

Kepala LPMP Sultra, Idham, menjelaskan rapor mutu sekolah merupakan gambaran semua aktivitas sekolah yang dirangkum dalam delapan standar penilaian. Standar yang dimaksud meliputi standar mutu, isi, proses, nilai, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana dan standar pembiayaan.

“Selain rapor mutu sekolah, reward yang kami berikan juga mempertimbangkan update data dapodik, best practice sekolah model. Reward tersebut kami berikan sejak pekan kedua Desember dalam bentuk piagam penghargaan dan studi banding ke Sulawesi Selatan,” jelas Idham, Senin (30/12/2019).

Tujuh daerah yang memiliki rapor sekolah dengan kategori baik adalah Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Buton, Muna, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, dan Kabupaten Konawe Selatan. Kendati demikian, hanya tujuh daerah mendapat reward studi banding, yakni Muna, Kendari, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan, dan Buton Tengah.

Fortune

“Sebenarnya Buteng (Buton Tengah) bisa mendapat rapor mutu sekolah dengan kategori baik, tapi itu hanya beberapa sekolah sehingga tidak mewakili Buteng secara keseluruhan. Kendati demikian, kami tetap memberi reward agar mereka lebih termotivasi untuk memperhatikan mutu pendidikan ke depannya,” jelasnya.

Studi banding tersebut, utusan kabupaten/kota mengunjungi sekolah terbaik di Gowa dan Makassar. Mereka akan memiliki gambaran yang jelas untuk meningkatkan sekolah masing-masing ke depannya.

“Kalau mereka tidak melihat sekolah yang bagus tentu akan merasa bahwa apa yang dilakukan merupakan yang terbaik. Tapi kalau sudah melihat sekolah bagus mereka akan terus berinovasi mengembangkan sekolahnya masing-masing,” tambahnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.