Ratusan Jamaah Hadiri Pengajian BKMT Kolaka

  • Bagikan
Ustadz Syaifuddin Mustaming saat menyampaikan tausiyah dihadapan ratusan jemaah pada pengajian yang digelar BKMT Kolaka di Masjid Al Fadhillah Kompleks Pasar Raya Mekongga Kolaka, Minggu (10/9/2017).

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kabupaten Kolaka menggelar pengajian rutin, Minggu (10 September 2017). Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Fadhillah Kompleks Pasar Raya Mekongga Kolaka dihadiri 300-an jemaah, terdiri pengurus BKMT serta pengurus dan anggota majelis ta’lim se-Kecamatan Kolaka dan Latambaga.

Ketua BKMT Kolaka, Hj. Herty Safei, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. “Saya sangat bersyukur kepada Allah dan patut menyampaikan apresiasi terima kasih kepada segenap pengurus dan anggota majelis ta’lim,” ujarnya.

Herty mengaku salut atas banyaknya pengurus dan anggota majelis ta’lim yang menghadiri kegiatan pengajian. “Hal ini merupakan bukti ketekunan dan kesungguhan kita untuk selalu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan ajaran agama kita,” katanya sembari mengharapkan agar kegiatan serupa dapat lebih ditingkatkan.

Di tempat sama, Ustadz Syaifuddin Mustaming dalam tausiyahnya mengingatkan seluruh jemaah terkait firman Allah di dalam Alquran surah Al ‘Ashr ayat 1 sampai 3: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”.

Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Agama Islam (Penais), Zakat dan Wakaf pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka ini menjelaskan, peringatan Allah dalam ayat-ayat tersebut, sesungguhnya menegaskan tentang pentingnya pemanfaatan waktu sebagai ikhtiar membebaskan diri dari kerugian.

“Surah Al ‘Ashr adalah salah satu surah dalam Al Quran yang banyak dihafal oleh kaum muslimin karena pendek dan mudah dihafal. Namun sangat disayangkan jika tidak diikuti dengan kesungguhan berusaha memahami dan menghayatinya secara lebih mendalam. Padahal, meskipun surat ini pendek, akan tetapi memiliki kandungan makna dan hikmah yang sangat dalam,” ujarnya.

Dijelaskan, kata ‘Ashr’ juga diartikan waktu ‘Ashr atau shalat Ashar. Allah Bersumpah dengan masa yang mencakup malam dan siang; yang merupakan tempat terjadinya perbuatan hamba dan amal mereka.

Setiap manusia, lanjut ustadz Pudo, akan rugi atau tidak memperoleh keberuntungan, kecuali bagi orang yang memiliki dan mewujudkan empat hal, yaitu beriman, beramal saleh, saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua BKMT Kolaka Ny. Ende Jayadin, Sekretaris BKMT Kolaka Hj. Andi Wahida, sejumlah Penyuluh Agama Islam lingkup Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka serta para pengurus masjid Al Fadhillah Kompleks Pasar Raya Mekongga. 

Laporan: Inmas Kemenag Kolaka

  • Bagikan