SULTRAKINI.COM: KENDARI - Ratusan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, berunjuk rasa di depan gedung Rektorat menolak pengembalian Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian (FTIP) ke Fakultas induk, yakni Fakultas Pertanian, Senin (20/11/2017).

Ratusan Mahasiswa Kepung Rektorat Ancam Polisikan Zamrun
Aksi demonstrasi di depan gedung Rektorat UHO, Senin (20/11/2017) menolak peleburan fakultas. (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

Mahasiswa yang tergabung dari beberapa fakultas itu, mendesak rektor untuk mengambil keputusan menyurat kembali ke kementerian dan memberikan kesempatan ke FTIP dalam hal perbaikan adminstrasi.

"Kami menganggap bahwa ini merupakan bagian dari pembohongan publik. Karena kami menilai peleburan itu akan berdampak bagi kami. Karena hal tersebut tidak  berdasar dan mereka yang sudah terlanjur menimba ilmu di Fakultas Perikanan akan menjadi korban akibat peleburan itu," ujar Jenderal Lapangan, Muhammad Abas Hakki dalam orasinya, Senin (20/11/2017).

Mahasiswa saat melakukan unjuk rasa di depan gedung Rektorat UHO menolak peleburan fakultas FTIP, Senin (20/11/2017). (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

Dalam pernyataan sikap demonstran, mereka mengancam akan melaporkan rektor UHO dalam hal ini Muhammad Zamrun ke penegak hukum dengan tuduhan pembohongan publik sebagaimana tercantum dalam pasal 378 KUHP.

"Kami meminta pertanggungjawaban WR 1 (Wakil Rektor 1) dan Kepala Pustik untuk menjelaskan terkait kesenjangan data antara pangkalan data Dirjen Dikti dan Pustik," tuturnya.

Dari pantauan Sultrakini.Com, hingga kini ratusan mahasiswa masih berorasi di depan Gedung Rektorat UHO. Sementara itu, beberapa perwakilan mahasiswa tengah melaksanakan audiens bersama pihak Rektorat UHO.

Laporan: Wayan Sukanta

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations