Ratusan Pengawas Kelurahan dan Desa di Muna Dilatih Mengawasi Tahapan Pilkada 2020

SULTRAKINI.COM: MUNA – Sebanyak 150 pengawas kelurahan dan desa di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mendapat bimbingan teknis pengawasan pada pemilihan bupati dan wakil bupati Muna 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Bawaslu Muna berlangsung pada Selasa, 14 Juli 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam mencegah terjadi penyebaran Covid-19.

Komisoner Bawaslu Muna Koordinator Bidang SDM dan Organisasi, Ali Darman, mengatakan tahapan pencocokan daftar pemilih akan dimulai pada 15 Juli, maka sebelum tahapan itu dimulai para pengawasan perlu diberikan pembekalan dan pemahaman.

“Ini dilakukan supaya PKD (pengawas kelurahan dan desa) bisa menjalankan tugas sesuai aturan perundang-undangan, kita akan memberikan pemahaman sesuai aturan tentang potensi pelanggaran dalam tahap penyusunan dan pemutahiran data pemilih,” jelas Darman kepada Sultrakini.com, Selasa (14/7/2020).

Bimbingan teknis terhadap PKD merupakan modal bekal mereka untuk melakukan pengawasan tahapan pencoklitan yang akan dilaksanakan besok, sehingga menghasilkan data pemilih yang akurat.

“Makanya kita memberikan bimbingan ini, supaya data pemilih bisa akurat, mutahir, dan komprehensif. Artinya, semua daftar pemilih yang memenuhi syarat terakomodir dan yang tidak memenuhi syarat tidak lagi terakomodir,” tambahnya.

Menurutnya, potensi pelanggaran yang mungkin terjadi, misalnya pidana, bila menghilangkan data pemilih. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.