SULTRAKINI.COM: KONAWE - Kepolisian Resor (Polres) Konawe merilis sejumlah penanganan kasus bersama awak media, Sabtu (30/12/2017). Salah satu data kejadian yang ikut dirilis adalah masalah lalulintas.
Rekor 2017: Lakalantas di Konawe Turun, Pelanggaran Naik
Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar bersama jajarannya saat menggelar konfrensi pers (foto: Mas Jaya /SULTRAKINI.COM)

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar, SIK., SH., MH., mengungkapkan, jumlah kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Konawe cenderung mengalami penurunan. Sepanjang tahun 2017, lakalantas yang terjadi sebanyak 157 kasus. Jumlah tersebut lebih rendah dibanding tahun 2016 yang berjumlah 173 kasus.

Di sisi lain lanjut Akbar, jumlah pelanggaran justru mengalami kenaikan. Sepanjang tahun 2017, jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 5000-an pelanggaran. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding tahun 2016 lalu yang hanya 3665 pelanggaran.

Menurut Akbar, ada beberapa hal yang menyababkan masih tingginya angka kecelalaan. Salah satunya adalah masalah insfrastruktur jalan.

Sementara, tingginya jumlah pelanggaran yang terjadi kata Akbar, setidaknya mengindikasikan dua hal. Masalah pertama, masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas.

"Yang kedua, karena semakin giatnya anggota dari Lantas dalam melakukan operasi untuk melakukan penindakan. Makanya jumlah pelanggaran yang dilakukan itu cendmerung meningkat ditahun ini," tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations