Rekrutmen CPNS 2019 Dibuka 25 Oktober, Guru menjadi Formasi Terbanyak

SULTRAKINI.COM: Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan menyatakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 diperkirakan pada bulan keempat Oktober atau pada 25 Oktober mendatang. Sementara jadwal pendaftaran CPNS dijadwalkan pada November 2019.

Jadwal pembukaan pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai pada mulai pada November mendatang. Sementara seleksi administrasi dalam penerimaan CPNS akan dilaksanakan pada Desember 2019.

“Proses Seleksi administrasi pada bulan Desember, dan seterusnya,” ujar Ridwan dalam siaran pers.

Rencangan jadwal pendaftaran dan seleksi, serta jumlah formasi dalam penerimaan CPNS 2019 sudah dibahas dalam Rapat Koordinasi Nasional kepegawaian yang digelar Badan Kepegawaian Nasional pada 25 September lalu.

Dilansir dari Tirto.id, Ridwan menjelaskan hal yang mendasari perumusan jadwal pendaftaraan seleksi dan jumlah formasi dalam penerimaan CPNS 2019 yakni sebagai berikut.

Pertama, penentuan formasi CPNS 2019 untuk kementerian atau lembaga harus sesuai dengan skema kabinet baru bentukan pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua.

Kedua, beberapa proses dalam rekrutmen CPNS dengan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan. Misalnya, masa pengumuman penerimaan CPNS 2019 yang harus selama 15 hari. Masa pendaftaran atau penyampaian persyaratan para pelamar secara online selama 10 hari.

Ketiga, anggaran rekrutmen dan gaji CPBS 2019 di sebagaian Kementerian , Lembaga, dan Pemerintahan Daerah kemungkinan telah dialihkan untuk dipertanggungjawabkan pada pertengahan Desember.

Keempat, semua kementerian, lembaga, dan pemda yang mau membuka lowongan CPNS 2019 harus melaksanakan training dan entry formasi pada system daring yang baru.

Kelima, pada akhir Desember beberapa wilayah di Indonesia Timur akan libur lebih lama untuk melaksanakan perayaan natal, dengan demikian proses rekrutmen tidak akan berjalan optimal di tempat-tempat tersebut.

Dalam tayangan resmi BKN, Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan menyebutkan sekitar 140 ribu dari 197.111 formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

“Empat besar formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan,” jelas Ridwan.

(Baca juga: Kabar CPNS 2019, Mau Tahu Jumlah Formasinya?)

Siapakan berkas Anda, dan tetap pantau perkembangan pendaftaran CPNS 2019 di laman resmi BKN: http://www.bkn.go.id.

Dari berbagai sumber
Laporan: Hasniar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.